PSIS Rebut 3 Poin di Kandang PSS dan Melesat ke Papan Atas Klasemen Liga 1 2019

PSIS Semarang berhasil mencuri tiga poin penuh saat bertandang ke Stadion Maguwoharjo, Sleman, dalam laga pekan kesembilan Shopee Liga 1 2019, Rabu (17/7/2019) sore WIB. PSIS yang sempat tertinggal lebih dulu akhirnya meraih kemenangan 3-1 atas PSS Sleman.

PSS dengan mudah langsung meraih keunggulan saat pertandingan baru berjalan empat menit lewat gol yang dicetak Brian Ferreira. Penyerang asal Argentina itu menerima umpan panjang di sebelah kiri gawang PSIS dan dengan sepakan dari sudut sempit mampu membuat bola mengoyak jala gawang tim tamu.

PSIS mendapatkan peluang emas untuk menyamakan kedudukan pada menit ke-28 lewat Hari Nur Yulianto. Penyerang Laskar Mahesa Jenar itu mendapatkan umpan panjang di depan kotak penalti PSS. Tak terkawal dengan baik, Hari Nur melepaskan tembakan yang sayangnya masih begitu lemah sehingga mudah dihalau oleh kiper PSS, Try Hamdani Goentara.

Akhirnya PSIS benar-benar menyamakan kedudukan pada menit ke-32 lewat gol tandukan Silvio Escobar. Memanfaatkan umpan silang yang dilepaskan Fredyan Wahyu dari sisi kanan, Escobar menanduk bola yang tak mampu dihalau oleh Try Hamdani Goentara.

PSIS mendapatkan penalti pada menit ke-40 setelah tangan pemain bertahan PSS, Asyraq Gufran Rachmadhan, terkena bola pantulan dari halauan Try Hamdani Goentara. Wallace Costa yang mengambil eksekusi berhasil menjalankan tugasnya dengan baik. PSIS pun sukses berbalik unggul 1-2.

Sebuah gol cantik PSIS tercipta pada masa injury time babak pertama lewat kaki Bayu Nugroho. Kegagalan Try Hamdani Goentara menepis bola yang berasal dari sisi kiri lapangan membuat bola mengarah ke depan Bayu.

Sang pemain langsung melepaskan tembakan first time menggunakan kaki kirinya. Bola masuk ke gawang yang tak terkawal dengan baik karena Try Hamdani belum kembali ke posisi sempurna. PSIS pun menutup babak pertama dengan keunggulan 3-1 atas tim tuan rumah.

PSS Sleman berusaha tampil lebih menekan sejak awal babak kedua. Tim asuhan Seto Nurdiyantoro itu tak ingin malu di depan para pendukungnya. Para pemain PSIS pun mencoba untuk membuat pertahanan lebih solid sembari berusaha melakukan serangan balik.

Namun, jual beli serangan yang dilakukan oleh kedua tim tak berbuah hasil manis hingga pertandingan usai. Kedudukan 3-1 untuk keunggulan PSIS menjadi penutup laga. Tim berjulukan Laskar Mahesa Jenar itu pun melesat dari peringkat ke delapan dan kini bertengger di peringkat kelima dengan 14 poin dari sembilan laga.

Susunan Pemain
PSS (3-5-2): Try Hamdani Goentara (kiper); Asyraq Gufran Rachmadhan, Mohammad BAgus Nirwanto, Purwaka Yudi (belakang); Guilherme Batata, Brian Ferreira, Haris Tuharea, Irkham Zahrul Mila, Ricky Kambuaya (tengah); Derry Rachman Noor, Yevhen Baha (depan)

Pelatih: Seto Nurdiyantoro

PSIS (3-5-2): Jandia Eka Putra (kiper); Rio Saputro, Safrudin Tahar, Wallace Costa (belakang); Arthur Bonai, Bayu Nugroho, Fredyan Wahyu, Patrick Mota, Septian David Maulana (tengah); Hari Nur Yulianto, Silvio Escobar (depan)

Pelatih: Jafri Sastra