Yunan Helmi Ungkap Resep Kebangkitan Barito Putera

Barito Putera akhirnya meraih kemenangan perdananya di ajang Liga 1 Indonesia 2019. Hasil tersebut diraih saat menjamu Bali United di Stadion Demang Lehman, Martapura, Kalimantan Selatan, Minggu (14/7).

Barito menang dengan skor tipis 1-0 lewat gol tunggal Rafael Silva pada menit ke-81. Mereka pun menjadi tim pertama yang mampu menaklukkan Bali United di Liga 1 musim ini.

Kemenangan ini juga melanjutkan tren positif Barito sejak ditangani Hunan Yelmi yang menggantikan Jacksen F. Tiagi. Mantan asisten Indra Sjafri di Timnas Indonesia U-23 itu pun mulai menunjukkan tangan dinginnya.

Barito memang menunjukkan perubahan drastis sejak Hunan Yelmi ditunjuk sebagai pelatih. Laskar Antasari -julukan Barito- kini tak terkalahkan dalam empat pertandingan terakhir.

Yunan sendiri tak segan membeberkan resep membangkitkan performa Persela. Ia hanya menekankan kepada para pemainnya untuk bermain lepas tapi tetap bertanggung jawab.

“Kita biarkan mereka bermain lepas, tapi tetap harus disiplin dan bertanggung jawab. Misalkan mereka kehilangan bola harus segera ditutup,” ujar Yunan usai pertandingan di situs resmi klub.

Yunan juga merasa kemenangan atas Bali United ini lebih dari sekadar tiga poin. Ia yakin hal ini akan membuat Evan Dimas dan kawan-kawan kini akan tampil lebih percaya diri di pertandingan selanjutnya.

“Dari sekian pertandingan, akhirnya kita bisa petik kemenangan berkat konsistensi dan disiplin para pemain. Tiga poin ini akan memicu para pemain untuk bermain lebih bagus lagi kedepannya,” pungkasnya.[]