PREVIEW Liga 1: PSS vs Persebaya

Pertandingan PSS Sleman versus Persebaya Surabaya akan menyedot animo pencinta sepakbola Tanah Air pada pekan ini di Stadion Maguwoharjo, Sleman, Sabtu (13/7) malam.

Tim Bajul Ijo datang tanpa kekuatan terbaiknya lantaran Amido Balde absen dari laga yang sarat gengsi tersebut. Absennya Amido Balde tak membuat PSS bersantai.

Pelatih PSS, Seto Nurdiyantoro, mengatakan absennya Balde sedikit banyak memang mengurangi kekuatan lini serang Persebaya. Seto berpendapat, Persebaya memiliki kualitas permainan yang merata di semua lini, termasuk antara pemain inti dan pelapis tidak berbeda.

“Kami mempelajari, Balde bisa cetak gol karena ada assist yang bagus. Kami harus setop siapa pemberi assist di sana. Tanpa atau ada Balde, Persebaya sama, kekuatan merata dan tim bagus,” kata Seto.

Sementara itu, tim Super Elang Jawa tanpa diperkuat dua pemain dalam laga ini. Absennya Alfonso de La Cruz dan Rangga Muslim akan menjadi pembeda. Seto mempersiapkan tiga nama untuk mengganti posisi Alfonso, yakni Ikhwan Ciptady, Asyraq Gufron, dan Purwaka Yudhi. Sementara untuk Rangga Muslim, Seto tak begitu khawatir karena di sektor sayap banyak pemain yang siap diturunkan, di antaranya pemain muda yang tengah on fire, Irkham Zahrul Mila.

“Sedikit banyak akan mengurangi kekuatan di sektor belakang tanpa Alfonso. Namun saya percaya Ikhwan, Gufron, atau Purwaka akan menjalankan tugas dengan baik menggantikan peran Alfonso,” tambahnya.

Dia berharap, Bagus Nirwanto dan kawan-kawan bermain lebih enjoy, tampil kreatif dan meraih hasil positif. Kemenangan atas Kalteng Putra menjadi modal penting PSS menghadapi Persebaya yang berada di papan atas dalam klasemen sementara Liga 1.

“Secara kualitas pemain dan tim, Persebaya lebih daripada kami. Kualitas pelatih juga sama. Coach Djadjang (Nurdjaman, pelatih Persebaya) juga lebih senior dan pengalaman. Di kursus kemarin saya juga diajari beliau. Mudah-mudahan kami juga belajar dari pertandingan besok malam (hari ini),” tuturnya.

Di lain pihak, pelatih Persebaya, Djadjang Nurdjaman, mengaku timnya sudah siap 100 persen menghadapi PSS. Walaupun di partai terakhir hasil kurang memuaskan didapat di kandang setelah bermain imbang lawan Barito Putera.

“Praktis kami hanya dua kali latihan, kami harus siap apa pun situasinya,” kata pelatih yang akrab disapa Djanur itu.

Dari hasil pertandingan sebelumnya, mantan pelatih Persib Bandung ini respek dengan kekuatan tuan rumah yang diarsiteki Seto. Kemenangan atas Kalteng Putra membuktikan mental bertanding Bagus Nirwanto dan kawan-kawan sangat baik.

“Artinya tim ini lagi on fire, adapun kami di kandang tertahan dari Barito. Dua perbedaan ini, akan terjadi di lapangan,” ucap Djanur.

“Mudah-mudahan kami bisa bangkit. Saya tahu, PSS pasti akan tampil all out di hadapan suporter, kami ingin raih poin di Sleman, satu atau tiga poin akan kami perjuangkan,” lanjutnya.

Absennya Balde ditanggapi Djanur sebagai sebuah kerugian bagi timnya terutama di lini serang. Namun, dia percaya para pemain akan tetap memberikan permainan terbaik untuk masyarakat Surabaya.

“Kami akan persiapkan Osvaldo Haay menggantikan Balde. Bukan hal yang baru buat Osvaldo. Apakah pakai skema 4-2-3-1, 4-3-3, atau skema lainnya, kita lihat saja besok (hari ini),” tegas Djanur.

Di papan klasemen sementara, Persebaya berada di posisi keempat, bermain tujuh kali dengan mengoleksi 12 poin. Sementara PSS berada di peringkat kedelapan dengan poin sembilan.(gk-18)

Prakiraan Susunan Pemain:

PSS Sleman: Try Hamdani; Jajang Sukmara, Purwaka Yudhi, Asyraq Gufron, Bagus Nirwanto; Brian Ferreira, Dave Mustaine, Wahyu Sukarta; Haris Tuharea, Yevhen Bokhashvili, Irkham Zahrul Mila

Persebaya Surabaya: Miswar Saputra; Otavio Dutra, M Syaifuddin, Novan Setya, Ruben Sanadi; Misbakus Solikin, M Hidayat, Damian Lizio; Irfan Jaya, Manuchekhr Jalilov, Osvaldo Haay

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*