Timnas U-16 Fokus Bangun Tembok Pertahanan

Hari ketiga pemusatan latihan (TC) timnas U-16 di Stadion Padjajaran, Bogor, pelatih Bima Sakti Tukiman mulai fokus untuk memberikan pemahaman yang mendalam mengenai pertahanan. Hal ini didasari hasil evaluasi dalam uji coba terakhir yang dilakukan tim Garuda Muda.
“Berkaca dari hasil analisis saya dan tim pelatih saat kami melawan tim SKO Ragunan di uji coba terakhir, walaupun kami mendapatkan kemenangan 3-1 pada partai uji coba itu, saya merasa harus ada yang dibenahi dan mempertajam pertahanan tim,” kata Bima.

Bima menyadari lini pertahanan tim tentu sangat penting sebelum membangun aspek lainnya. Menurutnya, jika pertahanan tim sudah kuat maka mental pun akan meningkat.

Selain itu, daya tahan pemain juga terus ditingkatkan demi menunjang kekuatan tim dalam bertahan. “Kami juga selalu menyelipkan sesi latihan fisik untuk mereka,” asisten pelatih timnas U-16 Indriyanto Nugroho menambahkan.

Untuk memberikan gambaran dan menguji pemahaman pemain yang diajarkan dalam latihan, timnas U-16 rencananya akan kembali menggelar uji coba pada Jumat (12/7) mendatang.

“Jumat ini dijadwalkan akan melakukan uji coba dengan PPLP Bogor, yang rencananya akan dilaksanakan di Stadion Mini Cibinong, pukul 16.00 sore. Jadi dalam uji coba itu kami ingin melihat perkembangan pemain selama TC ini,” kata Indriyanto.

Indriyanto menambahkan dalam setiap uji coba tim pelatih tidak pernah menargetkan kemenangan. Namun, terpenting pelatih ingin melihat bagaimana pemain dalam mengimplementasikan hasil latihan di pertandingan.
“Kemungkinan dalam sepekan ini kami sedang memfokuskan kembali metode Filanesia kepada pemain. Setelah itu kami sudah merencanakan beberapa uji coba. Setelah melawan PPLP Bogor juga kami akan mencoba tim lain seperti lawan yang sudah memberikan lampu hijau untuk menggelarkan laga uji coba seperti Akademi Bandung hingga tim-tim Liga 1 lainnya,” ujar Indriyanto.

Sedangkan, mengenai agenda uji coba internasional hingga masih belum bisa dipastikan. Sebagai, alternatif timnas U-16 akan beruji tanding melawan tim-tim kuat dari sekitaran Jabodetabek.

TC timnas U-16 ini sendiri dilakukan sebagai persiapan akhir jelang terjun ke Piala AFF U-15 2019 yang akan digelar di Chonburi, Thailand mulai 27 Juli mendatang. Timnas U-16 Indonesia tergabung di Grup A bersama Myanmar, Vietnam, Timor Leste, Singapura, dan Filipina.