Asisten Pelatih Persebaya: Bonek Pasti Datang ke Sleman

Melalui pesan di sosial media, Persebaya Surabaya telah mengimbau Bonek untuk tak menghadiri laga tandang Liga 1 menghadapi PSS Sleman di Stadion Maguwarjo, Sleman, Sabtu (13/7/2019). Alasannya, tak ada alokasi tiket untuk pendukung tim tamu dari panitia pelaksana pertandingan (panpel).

Kendati demikian, asisten pelatih Bejo Sugiantoro memiliki pandangan berbeda. Dia justru meyakini bahwa imbauan tersebut tak akan meredam hasrat Bonek untuk mendukung Persebaya secara langsung.

“Itu kebijakan PSS, tetapi kami mengetahui saudara kami, Bonek dan Bonita, pasti akan datang. Siapa, sih, yang enggak mau didukung suporter?” ujarnya seusai sesi latihan di Lapangan Yogyakarta Independent School (YIA), Kamis (11/7).

Bejo sendiri tetap meminta Bonek agar menjaga sikap jika berada di sekitar Maguwarjo. Karena jika terjadi sesuatu yang ta diinginkan, manajemen Persebaya bisa menanggung akibatnya.

Sementara menyoal persiapan tim, Bejo menitikberatkan pemulihan kondisi fisik. Para pemain memang baru menjalani pertandingan menghadapi Barito Putera, Selasa (9/7) lalu.

Yang agak disayangkan Bejo, Amido Balde belum bisa menghadiri sesi latihan karena problem fisik. Alasan serupa membuat pencetak hat-trick ke gawang Persib Bandung ini mesti absen saat melawan Barito dan juga PSS.

“Balde sebelum berangkat. Ada keluhan di kesehatannya, jadi kami tinggal,” kata legenda Persebaya tersebut.

Jangan Nekat

Di lain pihak, Tri Mulyana selaku Ketua Panpel, mengaku telah menyiapkan 32 ribu tiket untuk pertandingan PSS vs Persebaya. Panpel coba menjual tiket secara online selama lima menit dan total 200 tiket langsung terjual. Lalu, sisanya dilego via jalur offline.

“Nanti malam kami mau rilis lagi pendistribusiannya. Nanti biar pihak resminya yang memberitahukan,” ujar Tri.

Terkait tiket untuk Bonek, panpel sebenarnya sejak jauh-jauh hari sudah menyiapkan kuota. Namun, warga sekitar stadion menunjukkan sikap keberatan sehingga panpel memilih untuk meniadakan alokasi untuk suporter tamu.

Kalau Bonek ternyata nekat bertolak ke Maguwarjo, panpel pun sudah siap. Ada penambahan personel keamanan demi mengantisipasi pengumpulan massa yang tak diinginkan.

“Kenyamanan sekitar tanggung jawab panpel. Kami juga sudah mengimbau pedagang selalu waspada. Pengamanan ditambah 300-an personel menjadi 1.200,” katanya.

Sementara, Kabid Humas Polda DIY, Kombes Pol Yuliyanto, meminta Bonek untuk tak datang ke Sleman. “Kalau yang saat ini sudah di Yogyakarta dan tidak bisa nonton, lebih baik pulang,” katanya