Egy Maulana Vikri Bertekad Tembus Skuad Inti Lechia Gdansk

Winger muda Indonesia Egy Maulana Vikri menegaskan siap bersaing memperebutkan tempat di tim inti Lechia Gdansk pada musim 2019/20, meski menyadari hal itu tidak mudah.

Berbeda dibandingkan sebelumnya, pelatih Piotr Stokowiec mengombinasikan pemain muda dan berpengalaman ketika Lechia menggilas Bytovia Bytow 7-1 dalam laga uji coba pramusim terakhir, Sabtu (6/7) malam WIB di Wladyslawowo.

Hanya saja, kali ini Egy tampil dari bangku cadangan setelah di tiga laga sebelumnya bermain sebagai starter. Pemuda berusia 18 tahun ini baru dimainkan pada menit ke-59 menggantikan Slawomir Peszko.

Dalam wawancaranya dengan laman Sportowe Fakty satu hari sebelum pertandingan, Egy mengatakan, kemampuannya sudah mengalami kemajuan dibandingkan musim lalu. Saat itu, Egy dinilai tidak cocok bermain di Ekstraklasa. Meski demikian, Egy mengakui persaingan mendapatkan tempat di posisi sayap musim ini lebih berat.

“Saya selalu berusaha bermain semaksimal mungkin untuk tim, dan bekerja keras mendapatkan performa terbaik, termasuk dari sisi taktikal. Sebab, itu menjadi cara untuk menarik perhatian pelatih,” ujar Egy.

“Saat pertama kali datang ke Polandia, saya berlatih terpisah dari tim, mengingat kondisi fisik belum bagus. Saya menyadari itu, walau saya akhirnya main dua kali. Sekarang setelah satu musim, saya ingin mendapatkan menit bermain lebih banyak di Ekstraklasa.”

“Saya belum tahu apakah mendapat kesempatan bermain atau tidak, kita akan lihat saat Ekstraklasa dimulai. Sepanjang musim lalu, saya sudah berusaha meningkatkan kebugaran, dan itu sangat bagus buat saya. Pelatih selalu bilang: ‘Jika ingin bermain, Anda harus berlatih keras’, dan saya sudah melakukannya.”’

Egy nyaris mencetak gol perdananya bagi skuad utama Lechia ketika bermain imbang 1-1 melawan Olympiakos Piraeus dalam laga uji coa. Sayangnya, sepakan Egy menghajar mistar gawang.

“Saya sebetulnya ingin mencetak gol ke gawang Olympiakos, tapi gagal. Saya cukup kecewa. Namun kami menghadapi tim kuat yang bermain di Liga Champions, dan mempunyai materi pemain bagus,” imbuh Egy.