Kalahkan Persiba Balikpapan, Sulut United ke Posisi 3 Klasemen

Tim Bogor FC Sulut United kembali meraih hasil positif dalam lanjutan Liga 2 Indonesia, Minggu (7/7). Bermain di Stadion Klabat, Manado, tim asuhan Herry Kiswanto ini menang 2-0 atas Persiba Balikpapan.

Gol-gol kemenangan tim berjuluk Gorango Utara ke gawang Beruang Madu, dicetak Sahar Tehupelasury pada menit ke 16 babak pertama dan Martinus Novianto Ardhi lewat titik 12 pas di menit ke 51.

Jalannya Pertandingan

Babak Pertama

Kedua tim tampak bermain hati-hati pada laga ini. Bermain di bawah sengatan matahari, tim Persiba Balikpapan yang diasuh Salahudin, justru tampil menyerang. Bogor FC Sulut United memilih untuk bertahan dan sesekali menyerang balik.

Menit ke 16, stadion Klabat bergemuruh. Berawal dari sapuan pemain bertahan Persiba Balikpapan yang berhasil di intercept Wawan Samma. Kapten tim ini kemudian mengirimkan bola ke Martinus di sisi kanan. Martinus kemudian meneruskan bola ke Sahar Tehupelasury.

Sahar sempat mengelabui pemain belakang Persiba, sebelum kemudian menendang bola lob dengan kaki kiri ke tiang jauh gawang Persiba yang dikawal Ferdiyansyah. Kiper yang pernah membela Persma Manado ini sendiri hanya bisa terpana ketika bola masuk ke gawangnya. 1-0 untuk Bogor FC Sulut United.

Usai gol tersebut, laga mulai berjalan dengan tensi tinggi. Beberapa kali pelanggaran terjadi. Wasit Agung Setiawan pada babak pertama ini mengeluarkan 2 kartu kuning untuk pemain Bogor FC Sulut United, Herrie Lontoh dan Martinus Novianto Ardhi.

Kedua tim saling berbalas serangan. Persiba Balikpapan sendiri tampak frustasi menembus lini pertahanan Bogor FC Sulut United yang dikawal Gusti Sandria, Dion Mefahmi, I Nyoman Adi Parwa dan Mahdi Albaar. Belum lagi, penampingan tenang kiper Zinda Aulia Perdana yang beberapa kali mementahkan peluang emas, semakin membuat anak-anak Persiba Balikpapan buntu. Babak pertama pun berakhir dengan skor 1-0.

Babak Kedua

Babak kedua dimulai, tim asuhan Herry Kiswanto rupanya ingin kembali menambah gol. Baru sekitaran 5 menit di lapangan, akselerasi bek kiri Gusti Sandria berbuah penalti. Gusti yang berlari ke dalam kotak penalti harus diganjar pemain belakang Persiba Balikpapan. Kejadian yang terjadi di menit ke 51 ini, sempat diprotes, tapi wasit bergeming dan tetap menunjuk penalti untuk tuan rumah.

Martinus Novianto Ardhy yang maju sebagai algojo tak membuang peluang tersebut. Sepakannya ke arah kiri berhasil mengecoh Ferdiansyah yang terlanjur melompat ke arah kanan. 2-0 untuk Bogor FC Sulut United.

Usai gol, pelatih Persiba Balikpapan kemudian memasukan sekaligus dua pemain. Riskal Susanto dan Andre Dio Milandar masuk menggantikan Mohamad Fadil Redian dan Moch Irvan Febrianto di menit ke 51 dan 51. Pada menit ke 62, striker Ismail Haris juga dimasukan menggantikan Beny Ashar yang mentok.

Sementara, di kubu Bogor FC Sulut United, para pemain andalan seperti Mahdi Albaar dan Herrie Lontoh harus ditarik keluar. Begitu juga Martinus di menit ke 75 yang harus ditarik keluar. Di penghujung laga, Eksel Runtukahu juga harus mendapatkan perawatan karena terlihat pincang.

Usa kedudukan 2-0, permainan Persiba sebenarnya sangat menyerang. Sayangnya, rapatnya pertahanan Bogor FC Sulut United terlalu susah untuk ditembus. Peluang emas satu-satunya juga datang dari tendangan luar kotak penalti. Beruntung tendangan tersebut mengenai tiang gawang.

Sementara, Bogor FC Sulut United sebenarnya juga memiliki peluang emas. Tendangan keras dari seperempat lapangan permainan tim Persiba Balikpapan sebenarnya sudah tidak bisa dijangkau Ferdiansyah. Sayangnya, bola hanya membentur mistar gawang.

Hingga wasit meniup peluit tanda pertandingan berakhir, tidak ada satupun gol lagi yang tercipta. Bogor FC Sulut United berhasil meraih 3 poin penuh.

Dengan hasil ini, tim Bogor FC Sulut United yang awalnya sempat diragukan karena bermaterikan pemain berusia muda serta dengan persiapan yang hanya sekira 2 minggu ini, kini berada di 3 besar klasemen Liga 2 Indonesia wilayah timur dengan koleksi 7 poin dari 2 kali menang, 1 kali imbang dan 1 kali kalah.