Bak Leluhur Terdahulu, Puluhan Suporter Arungi Lautan untuk Dukung PSM Makassar

Suku Bugis Makassar dikenal sebagai pelaut ulung sejak dahulu kala, hal itu sepertinya terus mendarah daging dari generasi ke generasi. Tidak terkecuali suporter PSM Makassar, mereka juga sering mengarungi lautan untuk mendukung klub kesayangannya apabila bermain di kandang Madura United.

Kebiasaan suporter Juku Eja tersebut telah menjadi kebiasaan sejak dulu. Salah satunya saat puluhan ribu suporter menyeberang ke Jakarta untuk mendukung Kurniawan Dwi Yulianto dkk di final Ligina VI 1999/2000 melawan PKT Bontang. PSM Makassar pun berhasil menang dengan skor 3-2 sekaligus menjadi juara.

Pada musim ini, kebiasaan mengarungi lautan pun semakin melekat untuk suporter PSM Makassar. Selain hanya PSM Makassar saja yang merupakan klub Shopee Liga 1 2019 dari pulau Sulawesi, mereka juga berkandang di Stadion Pakansari Bogor pada kompetisi Piala AFC 2019.

Terbaru, puluhan suporter Juku Eja yang tergabung dalam kelompok suporter Red Gank dan Laskar Ayam Jantan (LAJ) kembali berlayar. Mereka akan mendukung Willjan Pluim dkk melawan Madura United pada pekan keenam Shopee Liga 1 2019 dan leg kedua semifinal Kratingdaeng Piala Indonesia.

Hal tersebut terlihat pada video berdurasi 28 detik pada akun instagram @redgank_psm. Terlihat beberapa suporter sedang asyik bersenda gurau di dalam dek kapal yang mereka tumpangi.

“Cerita perjalanan untuk sebuah kebanggaan karena kami cinta @psm_makassar, with panglima @nugrahauki @laskarayamjantan_aslina, bangga mengawalmu PSM,” caption pada unggahan video tersebut.