Hasil Liga 1 2019: Persib Dikalahkan Bhayangkara FC

Persib Bandung dipermalukan di kandang sendiri setelah kalah 1-2 dari Bhayangkara FC dalam lanjutan pertandingan di Liga 1 2019 di Stadion Si Jalak Harupat.

Bhayangkara FC unggul 1-0 lebih dahulu di babak pertama lewat sundulan bek Jajang Mulyana di menit ke-37. Jajang membobol gawang Bhayangkara memanfaatkan sepak pojok Flavio.

Meski demikian Jajang tidak merayakan gol yang dicetaknya itu. Jajang adalah pemain jebolan Persib U-21. Pada 2015, Jajang pernah dicemooh suporter Persib saat berselebrasi usai membobol gawang Maung Bandung di Piala Presiden 2015.

Tertinggal 0-1 membuat Persib langsung menyerang Bhayangkara di awal babak kedua. Pada menit ke-46 sundulan Ezechiel N’Douassel memanfaatkan umpan silang dari sisi kanan bisa ditepis kiper Awan Setho.

Persib memanfaatkan lebar lapangan untuk membongkar pertahanan Bhayangkara. Umpan silang jadi andalan juara Liga Indonesia dua kali ini untuk bisa menyamakan kedudukan.

Bhayangkara hampir saja menambah keunggulan jika tendangan Dendy Sulistyawan tidak menyamping di sebelah kiri gawang Persib. Tendangan Dendy tidak tepat sasaran meski sudah berhadapan satu lawan satu dengan kiper I Made.

Tidak berselang lama giliran Persib yang memiliki kans mencetak gol. Hanya saja, tendangan kaki kiri Ghozali Siregar bisa ditangkap kiper Awan Setho.

Persib baru bisa menyamakan kedudukan di menit ke-57 lewat N’Douassel. Pemain asal Chad itu membobol gawang Awan Setho setelah memanfaatkan umpan silang Ardi Idrus.

Gol tersebut menunjukkan perubahan strategi dari pelatih Persib Robert Rene Alberts. Pasalnya, di babak pertama kedua full-back Persib, Supardi dan Ardi Idrus hampir tidak pernah melakukan overlaping di babak pertama.

Pada menit ke-65 N’Douassel sempat terjatuh di kotak penalti setelah dijegal Jajang. Tetapi wasit Rully Tambuntina tidak memberikan penalti untuk Persib dan memilih melanjutkan permainan.

Herman Dzumafo Epandi sempat membobol gawang Persib di menit ke-78, tetapi hakim garis mengangkat bendera tanda Dzumafo dalam posisi offside.

Persib beberapa kali membahayakan gawang Bhayangkara lewat sundulan Febri Hariyadi dan Arthur Gevorkyan, namun tidak ada yang berbuah gol.

Menjelang waktu normal berakhir tim tamu Bhayangkara kembali unggul 2-1 setelah Herman Dzumafo membobol gawang I Made di menit ke-89. Dzumafo yang menjadi pemain pengganti membobol gawang Persib lewat sundulan usai memanfaatkan umpan Adam Alis.

Di masa injury time Persib memberikan tekanan bertubi-tubi guna menyamakan kedudukan, namun tidak ada tambahan gol yang tercipta. Skor tetap 2-1 untuk Bhayangkara FC.

Susunan pemain:

Persib: I Made Wirawan; Supardi Nasir, Indra Mustafa, Bojan Malisic, Ardi Idrus; Febri Hariyadi, Dedi Kusnandar, Kim Jeffrey Kurniawan, Ghozali Siregar; Rene Mihelic, Ezechiel N’Douassel.

Bhayangkara: Awan Setho; Nurhidayat, Anderson Sales, Jajang Mulyana, Fathul Rochman; Lee Yoo-joon, Dendy Sulistyawan, Sani Rizki, Flavio, M Nur Iskandar, Ramiro Fergonzi. (sry/har)