Ikuti Turnamen Di Portugal, Menpora Berharap Lahir Cristiano Ronaldo Baru Dari Tim Pelajar Indonesia U-15

Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Imam Nahrawi melepas tim pelajar U-15 yang bakal mengikuti turnamen IBER Cup 2019 di Portugal. Sebanyak 20 pemain dan lima pelatih mewakili Indonesia dalam ajang yang digelar di Estoril, 1-6 Juli 2019.

Dalam turnamen tersebut tim pelajar U-15 akan berhadapan dengan para perwakilan dari negara lainnya. Mulai dari tuan rumah Portugal, Brasil, Spanyol, Italia, Prancis, Inggris dan beberapa negara kuat lainnya asal Asia.

“Semoga menorehkan prestasi yang terbaik. Jangan berkecil hati, jangan pernah patah semangat, patah arang. Semoga di sana Indonesia akan banyak melahirkan Ronaldo-Ronaldo dari tim pelajar U-15,” ujar Imam saat melepas tim di Wisma Kemenpora, Selasa (25/6).

Tim pelajar U-15 ini terbentuk dari seleksi Liga Pelajar Kemenpora. Para pemain yang dijaring berasal hampir dari seluruh wilayah Indonesia, mulai dari Sabang sampai Merauke.

“Mereka berasal dari liga berjenjang U-14 tahun lalu di Bali, ada 100 pemain seleksi di Februari. Februari kami dapat 50 pemain, seleksi tahap kedua Maret. Mereka dari SSB, ada juga sekolah, dan akademi. Kita talent scouting dari Kemenpora,” kata pelatih kepala tim pelajar U-15 Aples Tecuari.

Menurutnya, tim pelajar U-15 telah siap tampil di IBER Cup 2019. Diakui Aples persiapan tim memang baru beberapa pekan, namun telah mengalami peningkatan signifikan.

“Kita kumpul setelah Lebaran tanggal 10 Juni, hari ini akan berangkat, persiapan cuma dua pekan. Dari kekompakan memang kurang, tapi ada latihan dan uji coba empat kali dan ada peningkatan. Mereka disiplin selama latihan,” ucap mantan pemain timnas Indonesia tersebut.