Timnas U-16 Indonesia Hanya Menang Tipis, Ini Evaluasi dari Bima Sakti

Timnas U-16 Indonesia asuhan Bima Sakti memenangi laga uji coba terbaru mereka akhir pekan lalu.

Pada laga Sabtu (22/6/2019), anak asuh Bima Sakti menang tipis 2-1 saat timnas U-16 Indonesia bersua tim dari Asosiasi Kabupaten (Askab) PSSI Bekasi.

Main di Stadion Wibawa Mukti, Cikarang, Kabupaten Bekasi, selepas laga Bima Sakti mengatakan ada evaluasi untuk anak asuhnya.

Untuk pada pertandingan tersebut, timnas U-16 Indonesia mencetak gol melalui Muhammad Valeron dan Ade M Nur Saitua.

”Latihan hari ini, kami lebih kepada perbaikan permainan tim, berkaca pada uji coba kemarin,” ujar Bima Sakti yang dikutip BolaSport.com dari situs PSSI.

”Saat pertandingan ini, banyak momen yang tidak bisa dimanfaatkan anak-anak. Misalnya, saat kami harus melakukan transisi dan penyelesaian akhir,” katanya selepas latihan pada Senin (24/6/2019).

Meski begitu, menurut Bima Sakti, para pemainnya sudah memperagakan permainan apik dan terlihat sudah lebih baik dari sebelumnya.

”Mereka ini kebanyakan pemain yang ditempa dari kompetisi Elite Pro Academy PSSI U-16, jadi sudah terbiasa dengan pertandingan,” ucap Bima.

”Gol-gol yang terjadi prosesnya bagus semua. Mereka berani build up dari belakang dan melakukan transisi dengan yang baik.”

Untuk itu, Bima kembali rutin melakukan latihan dan terus melihat perkembanga anak asuhnya.

”Saat ini, saya masih terus melihat dan memantau pemain-pemain, apalagi yang baru datang,” kata Bima.

“Seusai uji coba kemarin, ada banyak evaluasi yang harus dibenahi tim ini. Dari situ nanti, kami lihat pemain-pemain mana yang lanjut atau tidak,” katanya.

Menurut Bima, pada seleksi kali ini pilihan pemain sudah mulai mengerucut dibanding pemusatan latihan pertama.

”Secara spesifik, kami sedang melihat kemampuan para pemain. Apalagi pada Juli 2019, kami sudah intens melakukan pemusatan latihan,” kata Bima.

Bima menilai seleksi kali ini untuk melihat potensi beberapa pemain baru.

Pada momen ini, Bima juga mengaku terbantu dengan adanya gelaran kompetisi Elite Pro Academy U-16 yang sedang dijalankan PSSI saat ini.

Bahkan menurut Bima, pemain yang saat ini sedang berkompetisi bisa terpantau oleh dirinya dan tak menutup kemungkinan dipanggil ke timnas U-16.

”Jadi pemain yang dipanggil kemarin atau belum terpantau bisa terpanggil pada Juli 2019. Mereka bisa untuk melengkapi untuk regulasi 23 pemain,” kata Bima.

”Kami sudah punya kerangka tim dari seleksi kemarin pada bulan puasa. Seleksi kemarin, kami dapat setidaknya 28 pemain.”

”Nanti, kami ciutkan lagi menjadi 23 pemain dan diharapkan mereka bisa menunjukkan performa terbaiknya,” tuturnya.