Terinspirasi Kiper Korea Selatan, Barito Putera Siap Bangun Akademi di Surabaya

Tim Liga 1 2019, Barito Putera terus berupaya memberikan dukungan untuk kemajuan sepak bola nasional. Teranyar, manajer Barito Putera, Hasnuryadi Sulaiman mengatakan timnya akan membangun akademi baru, yang selama ini dikenal dengan Sekolah Olahraga Barito Putera (SOBP).

Menariknya, Barito Putera siap membangun SOBP baru di Kota Pahlawan atau Surabaya. Hal itu didasari banyak potensi dan talenta para pemain muda yang tersebar di seluruh Indonesia.

“Sekarang kita mulainya dari Sekolah Olahraga Barito Putera (SOBP) dan keinginan kami adanya SOBP ini adalah mencetak pemain-pemain dari usia dini. Enggak cuma di Banjarmasin  yah, kami akan buka di Surabaya juga,” katanya.

“Kami menyadari bahwa di Indonesia punya kelebihan masing-masing, ya. Awalnya Yoo Jae Hoon pengin bikin akademi kiper lalu yang lain-lain. Oleh karenanya, mas Arifin (Penanggung jawab SOBP) berkeinginan untuk membuka sebanyak-banyaknya sekolah olahraga,” imbuh Hasnur.

Lebih lanjut, Hasnuryadi Sulaiman juga membuka kesempatan bagi pihak manapun untuk bekerja sama membangun SOBP. Nantinya ada program beasiswa yang akan diberikan pada siswa atau pesepak bola usia muda yang dianggap memiliki talenta bagus.

‘Kepada siapapun, yang ingin bekerja sama dengan kami, kami open,” ucapnya.

“Lalu dari Ainul Ridha (Sekretaris yim) megang tim SSB Real Madrid Indonesia dan itu beasiswa 100 persen dan ini spesial program. Kalau SOBP ini layaknya sekolah olahraga biasa, regulerlah istilahnya,” lanjutnya.

Sekolah Olahraga Barito Putera berada di bawah payung PT. Putera Barito Berbakti. SOBP didirikan pada 2015 lalu dan membina anak-anak sejak dini, mulai umur 5 sampai 16 tahun.

Kini, sebanyak 250 anak-anak dan remaja digembleng kemampuan sepakbola di Stadion 17 Mei, Banjarmasin. Saat ini, SOBP memang berfokus pembibitan di sepakbola, nantinya bakal berkembang ke cabang olahraga lain.