Mundur dari Barito Putera, Jacksen F Tiago Sadar Tak Mampu Angkat Prestasi Tim

Jacksen F. Tiago terpaksa mundur dari Barito Putera usai kalah 1-2 dari Kalteng Putra dalam laga pekan kelima Shopee Liga 1 2019 di Stadion 17 Mei Banjarmasin, Sabtu (22/6/2019).

Pelatih asal Brasil itu secara jujur menyadari dirinya tak mampu mengangkat prestasi Laskar Antasari yang hingga pekan kelima ini terpuruk di posisi juru kunci klasemen sementara. Bahkan, hasil terbaik yang diraih klub asal Banjarmasin ini hanya satu kali bermain imbang ketika menjamu Persija. Sisanya, mereka menelan kekalahan.

“Sebagai profesional, ketika saya gagal dalam bekerja, saya harus mengakuinya dengan jujur. Secara ksatria, saya juga harus mundur dari posisi pelatih Barito Putera. Saya yang bertanggung jawab penuh atas prestasi tim ini,” tutur Jacksen Tiago.

Mantan arsitek Persipura ini memutuskan mundur terhitung, Sabtu (22/6/2019). Jacksen Tiago pun, Minggu (23/6/2019), telah mendarat di Surabaya untuk berkumpul dengan keluarganya.

“Saya baru mendarat di Juanda. Kalau saya memaksakan diri bisa saja tetap bertahan di Barito karena saya kontrak selama tiga tahun dan akan berakhir September nanti. Tapi, saya harus mundur agar manajemen bisa mencari pelatih yang lebih bagus dan bisa mengangkat tim ini. Apalagi kompetisi baru berjalan, jadi pelatih baru nanti punya banyak waktu untuk memperbaikinya,” kata Jacksen.

Sosok yang pernah membela Petrokimia Putra dan Persebaya saat masih aktif menjadi pemain ini mengungkapkan dirinya belum bertemu dengan Manajer Barito Putera, Hasnuryadi Sulaiman, soal keputusannya mundur.

“Saya belum pamit Pak Hasnur. Besok (Senin, 24/6/2019), saya akan bertemu beliau di Jakarta. Hubungan kami baik, maka saya harus pamit dengan baik juga,” ujarnya.

Sebenarnya sejak jauh hari Jacksen Tiago berniat meletakkan jabatan sebagai pelatih kepala Barito Putera.

“Setelah berpikir dan mempertimbangkan dengan matang, saya bertekad apapun hasil melawan Kalteng Putra, baik menang, kalah, atau seri. Saya tetap akan mundur. Jadi sebenarnya saya mundur bukan karena kekalahan Barito Putera dari Kalteng Putra kemarin,” ungkapnya.