Lewat Perpanjangan Waktu, Indonesia Takluk Atas Afghanistan di Semifinal

Indonesia menghadapi Afghanistan di Laga Semifinal AFC U-20 Futsal Championship 2019 pada Kamis (20/6/2016) di Arena Phoursarifi, Tabriz, Iran.

Seperti yang diprediksi, Afghanistan mengandalkan permainan individu para pemainnya untuk mmebongkar pertahanan Indonesia. Beberapa kali Hamid Reza, Dawood Yusufi dan Ali Jafari mrepotkan pertahanan.

Afghanistan juga sukses menekan skuat Indonesia dan tak berlama-lama memberikan penguasaan bola. Serangan yang cukup baik juga membuat beberapa skuat Indonesia kewalahan.

Petaka untuk Indonesia terjadi di menit kedelapan kala sebuah serangan balik sukses dikonversi Sayed Hossein jadi gol. Indonesia mencoba bangkit. Ada beberapa peluang dari Dewa Rizki, Firman Ardiansyah dan Sanjaya yang gagal menembus gawang Javad Safari.

Beberapa kali duel satu lawan satu perebutan bola Indonesia selalu kalah. Serangan balik beberapa kali sukses dilancarkan, beruntung Ahmad Habibie sigap menahan bola. Skor 1-0 menutup babak pertama untuk keunggulan Afghanistan.

Di babak kedua, Indonesia langsung menggebrak dan menekan Afghanistan. Hasilnya berbuah manis. Sebuah kesalahan kordinasi dimanfaatkan Rizki Xavier di menit 22 lewat gol sontekan.

Meski begitu Afghanistan tetap ngotot dan beberapa kali membahayakan gawang Habibie. Beberapa keputusan wasit juga menjadi bumbu di laga ini yang membuat panas pertandingan.

Afghanistan kembali unggul di menit 27 tatkala sebuah kerjasama cantik diselesaikan Ali Arab. Namun Indonesia belum habis dan balik menekan.

Hasilnya Pandega sukses menyanakan kedudukan lagi-lagi lewat kesalahan pemain Afghanistan di menit 30. 10 menit selanjutnya laga berlangsung cukup keras. Duel bola serta beberapa situasi balas membalas serangan cepat hadir yang mwmbuat penonton pendukung kedua tim tegang.

Hingga babak normal usai skor 2-2 bertahan dan berlanjut perpanjangan waktu 2×5 menit.

Di babak perpanjangan waktu, kedua tim kembali bermain menekan. Afghnistan terus menekan pertahanan Indonesia. Tekanan teknis ditambah non teknis yaitu penonton Afghanistan yang hadir membuat Indonesia beberapa kali gagal keluar pertahanan sendiri.

Afghanistan sukses mencetak gol di menit 42 perpanjangan waktu. Lewat kesalahan Muhammad Afif Rizki di mana bolanya terebut, Seyed Hossein menambah keunggulan menerima umpan matang.

Indonesia menerapkan powerplay. Namun powerplay ini tak berjalan matang. Afghanistan memanfaatkan transisi powerplay yang kurang baik dari skuat timnas lewat gol keempatnya dari Dawoud Yousuf.

Di babak kedua perpanajngan waktu, Indonesia belum menyerah, skuat timnas perkecil ketinggalan lewat sepakan Sanjaya. Sayang waktu keburu habis dan kemenangan 4-3 membawa Afghanistan ke Final.