PREVIEW Piala AFC 2019: Becamex Binh Duong – PSM Makassar

Tiga pemain PSM Makassar menyedot perhatian pelatih Becamex Binh Duong, Nguyen Thanh Son, saat kedua tim saling bentrok dalam pertandingan leg pertama semi-final Piala AFC 2019 zona ASEAN di Stadion Go Dau, Rabu (19/6) sore WIB.

Thanh Son mengungkapkan, ia telah mempelajari permainan PSM di sejumlah pertandingan. Setidaknya ada tiga pemain Juku Eja yang perlu mendapat perhatian pemain Binh Duong, yakni Eero Markkanen, Zulham Zamrun, dan M Rahmat.

“Saya sudah melihat beberapa pertandingan PSM di fase grup. Ini adalah tim yang kuat. Saya melihat pergerakan pemain nomor 9 [Markkanen], nomor 7 [Zulham], dan nomor 11 [Rahmat] yang bagus,” ujar Thanh Son.

“Tim ini juga punya ball possession yang bagus. Saya yakin mereka juga sudah berusaha mencari kelemahan kami untuk dieksploitasi di pertandingan nanti. Semua pemain dalam kondisi bagus, kecuali [gelandang Nguyen] Anh Tai yang cedera.”

Thanh Son menambahkan, Binh Duong tidak akan membiarkan PSM membawa pulang poin dari kota Thu Dau Mot. Kemenangan wajib diraih agar langkah mereka di leg kedua di Stadion Pakansari, Bogor, lebih ringan. Kemenangan 2-1 di kandang Quang Nam di Liga Utama Vietnam (V-League) menjadi modal bagus bagi Binh Duong.

“Kami sudah ada di zona aman setelah putaran pertama liga. Ini membuat kami tenang, karena bisa berkonsentrasi penuh untuk laga ini. Kami harus mencetak gol sebagai modal di leg kedua. Namun kami juga harus mengeliminisasi gol yang bersarang di gawang kami,” ucap Thanh Son.

Di lain sisi, pelatih PSM Darije Kalezic menilai Binh Duong sebagai tim tangguh. Ia mencontohkan keberhasilan mengalahkan salah satu klub kuat di Asia Tenggara, Ceres Negro, pada laga terakhir fase grup, yang mengantarkan Binh Duong ke semi-final.

Torehan itu membuat Binh Duong tidak bisa dianggap sebelah mata. Apalagi tuan rumah berusaha memburu kemenangan untuk mencari keuntungan saat melakoni leg kedua. Namun Kalezic menegaskan, PSM tetap memburu hasil positif.

“Kami tahu banyak tentang Binh Duong setelah melihat rekaman pertandingan mereka. Pertandingan ini akan sulit, karena Binh Duong tim yang kuat. Mereka tentu ingin mendapatkan hasil bagus di leg pertama sebagai modal menjalani leg kedua,” tutur Kalezic.

“Target kami adalah mendapatkan hasil positif di leg pertama, dan berlanjut di leg kedua. Tapi target utama adalah kemenangan di dua leg, bukan hanya satu leg. Kami harus bermain bagus untuk mendapatkan tiket ke final zona ASEAN.”

Berikut perkiraan susunan pemain kedua tim:

Binh Duong: Tran Duc Cuong; Nguyen Trung Tin, Ali Rabo, Nguyen Thanh Long, To Van Vu, Victor Mansaray, Dinh Hoang Max, Nguyen Trong Huy, Doan Tuan Canh, Wander Luiz, Nguyen Anh Duc.

PSM: Rivky Mokodompit; Taufik Hidayat, Abdul Rahman, Aaron Evans, Asnawi Mangkualam, Marc Klok, Rizki Pellu, Zulham Zamrun, Wiljan Pluim, Eero Markkanen.