Prediksi Persib Vs Tira Kabo, Kejar Tiga Besar

Gawang Persib Bandung belum tersentuh tim mana pun. Dalam dua pertandingan Liga 1 2019, gawang yang dijaga I Made Wirawan dan Muhammad Natshir Fadil itu belum kemasukan gol satu pun. Masing-masing menang atas Persipura Jayapura 3-0 dan imbang 0-0 melawan tuan rumah Semen Padang.

Tapi, kini lini belakang Persib tidak bisa bersantai. Tira Persikabo yang akan dihadapi pada pekan ketiga Liga 1 2019 di Stadion Si Jalak Harupat Selasa (18/6) sore, bisa menjadi ancaman nyata bagi gawang tuan rumah.

Bagi Persib, Tira Persikabo kerap jadi batu sandungan. Dalam laga perdana Liga 1 2018 misalnya, di tempat yang sama, Tira Persikabo membuyarkan kemenangan Persib yang sudah di depan mata.

Sempat unggul 1-0, namun skor jadi imbang 1-1 saat pertandingan masuk injury time.
Lalu dalam laga pembuka Piala Presiden 2019, tim asuhan Rahmad Darmawan itu bahkan mempermalukan Persib 2-1, juga di depan puluhan ribu bobotoh.

“Kami sudah siap mengantisipasi itu semua. Perlu diingat, kami bermain di Bandung dan memastikan harus berada di atas mereka,” pelatih Persib Robert Rene Alberts menegaskan, Senin (17/6).

Meski demikian, Robert mengakui tidak akan mudah mematahkan perlawanan Tira Persikabo karena tim tamu memiliki poin maupun catatan gol yang sama dengan Persib. Menurut pelatih asal Belanda itu, Laskar Pajajaran memiliki kualitas yang baik seperti tim papan atas lainnya.

“Mereka punya pemain pemain kunci yang bagus, kuat dalam transisi dari bertahan ke menyerang. Lebih mobile dan punya kecepatan,” Robert mengungkapkan. Namun, pelatih 64 tahun tersebut mengaku lega karena kompetisi akhirnya bergulir kembali. Menurutnya, penundaan laga pekan lalu sempat mengganggu ritme permainan tim.

Kini tidak ada lagi hambatan bagi Persib untuk membangun atmosfer pertandingan. Kemenangan 4-1 atas Persib B dalam uji coba terakhir, diakui Robert, jadi modal berharga Ezechiel N’Douassel dan kawan-kawan untuk tetap berada pada jalur kemenangan.

“Jadi, buat kami sebuah kegembiraan bisa kembali memulai pertandingan. Setelah lama beristirahat, sekarang kami akan bermain lagi. Kondisi pemain terus meningkat selama menjalani persiapan,” Robert menegaskan.

Tetapi, Robert tidak bisa memastikan pemain yang baru bergabung setelah membela timnas akan tampil penuh. Hanya saja kata mantan pelatih PSM Makassar itu, bergabungnya Artur Gevorkyan, Achmad Jufriyanto, dan Febri Hariyadi tetap membuatnya lega.

“Jufriyanto dan Febri baru bergabung tadi (Senin) bersama tim, Gevorkyan juga datang beberapa hari sebelum pertandingan. Kita lihat nanti kondisi mereka,” ujarnya.

Di kubu tim tamu, Tira Persikabo memboyong dua pembobol gawang Persib saat Piala Presiden 2019, Osas Saha dan Loris Arnaud. “Saya prediksikan laga ini akan berat. Untuk mengimbanginya, kami harus siap dengan kekuatan terbaik,” kata RD, sapaan pelatih Rahmad Darmawan.

Kemenangan Manahati Lestusen dan kawan-kawan pada Piala Presiden 2019 lalu bukan jaminan akan terulang. Sebab dijelaskan RD, situasi dan kondisi Persib saat itu dan sekarang sangatlah berbeda.

“Jadi, kami tidak bisa berpuas diri dengan kemenangan lalu. Ini yang jadi tantangan kami sebetulnya. Hanya satu harapan kepada pemain, jaga keseimbangan tim dan bermain penuh motivasi karena yang akan dihadapi adalah tim besar,” ucap RD.

Sementara pertandingan ini bisa menentukan posisi kedua tim. Baik Persib dan Tira Kabo sama-sama memiliki 4 poin. Kalau menang poinnya akan sama dengan peringkat ketiga sementara, yaitu 7.