Pelatih Persela: Julukan ‘Messi Indonesia’ Jangan Sampai Membebani Hambali Tolib

Wonderkid Persela Lamongan, Muhammad Hambali Tolib mendapat kesempatan untuk unjuk gigi di Eropa. Pemain berusia 18 tahun itu akan diseleksi klub kasta teratas Liga Kroasia, NK Lokomotiva Zagreb.

Hambali bakal dites selama sebulan. Mantan pemain Sriwijaya FC itu telah berangkat ke Kroasia pada Kamis (13/6/2019).

Sejak bergabung dengan Persela di musim ini, kualitas Hambali mengundang decak kagum pecinta sepak bola Indonesia. Gaya bermainnya mirip dengan kapten Barcelona, Lionel Messi.

Pelatih Persela, Aji Santoso mengimbau Hambali untuk tidak terbebani dengan julukan Messi, yang disematkan oleh warganet dan beberapa media. Aji berharap, pujian itu dapat membawa motivasi untuk Hambali.

“Bagi saya, Hambali tidak perlu terpengaruh dengan sanjungan seperti itu. Justru sanjungan itu harus dijadikannya motivasi,” ujar Aji.

Aji menilai, penampilan Hambali telah menjadi perhatian banyak orang. Oleh sebab itu, sang pemain diharapkan tak besar kepala.

“Karena bagaimana pun, gerak-gerik Hambali saat ini dipantau orang banyak. Makanya saya sampaikan, dia harus lebih profesional di dalam dan luar lapangan,” tutur Aji.

“Hambali harus bisa menjaga penampilan supaya permainannya konsisten dan harus ada peningkatan,” imbuh mantan pelatih Timnas Indonesia U-23 ini.