Piala Asia Futsal U-20 2019: Tundukkan Irak, Indonesia Juara Grup D

Indonesia masih menunggu antara Jepang atau Vietnam yang akan menjadi lawan di babak delapan besar.

Tim nasional (timnas) futsal Indonesia U-20 berhasil lolos ke babak delapan besar Piala Asia Futsal U-20 2019 dengan status juara grup D. Itu setelah, pada laga terakhir fase grup mereka mampu menundukkan Irak dengan skor tipis 2-1, di Shahid Poursharifi Arena, Tabriz, Iran, Minggu (16/6) petang WIB.

Indonesia maupun Irak langsung menerapkan permainan agresif dengan pressing ketat. Ancaman demi ancaman cukup banyak dilakukan para pemain Indonesia.

Bahkan, beberapa kali sempat membuat bola membentur tiang gawang. Di antaranya tendangan keras Dewa Rizki dan Rizki Xavier. Hingga akhirnya, skuat yang dilatih Kensuke Takahashi tersebut bisa memecahkan kebuntuan pada menit kesembilan, lewat sontekan tumit Firman Ardiansyah.

Unggul satu gol membuat para pemain Indonesia tampil lebih nyaman dan percaya diri. Meski Irak terus mencoba memberikan perlawanan sengit.

Gol kembali bisa diciptakan Indonesia pada menit ke-16 melalui Ari Ramdani, yang memanfaatkan umpan matang M. Agung Pandega. Skor 2-0, menutup babak pertama.

Memasuki babak kedua, Irak langsung tampil menekan. Bahkan, mereka sudah bisa mencetak gol pada menit ke-21 melalui tendangan Hussein Hamid Al-Khafaji. Skor pun berubah 2-1.

Gol itu membuat para pemain Irak lebih percaya diri. Tekanan demi tekanan terus mereka lancarkan ke gawang Indonesia. Namun Dewa Rizki dan kawan-kawan juga tidak mengendurkan serangan dan kembali menghasilkan beberapa peluang.

Jual-beli serangan terus terjadi di sisa waktu yang ada. Irak menerapkan strategi power-play dalam dua menit terakhir pertandingan. Namun hingga laga berakhir, skor tetap 2-1 untuk keunggulan Indonesia.

Selanjutnya, Indonesia masih menunggu siapa yang akan menjadi lawan mereka di babak perempat-final, 18 Juni mendatang. Skuad yang dilatih Kensuke Takahashi itu dipastikan bakal bertemu dengan runner-up grup C, artinya itu di antara Jepang atau Vietnam. Kedua tim tersebut akan menjalani laga penentuan siapa yang jadi juara grup C, petang ini.