Liga 2 2019: BOPI Pertanyakan Klub Pindah Domisili

Badan Olahraga Profesional Indonesia (BOPI), mempertanyakan perpindahan sejumlah klub Liga 2 2019. Mereka ingin PT Liga Indonesia Baru (LIB) selaku operator kompetisi memberi penjelasan tentang itu.

Tercatat ada tiga klub yang berpindah kandang karena dibeli investor baru. Bogor FC menjadi Sulut United, kemudian Blitar United jadi Persib Bandung B, serta Aceh United menjadi Babel United.

“Kami menyoroti seperti klub yang pindah domisili. Harus jelas bagaiana penggunaan lapangan di sana. Meski nama mereka masih lama karena belum disahkan kongres PSSI,” kata Plt sekjen BOPI Sandi Suwardi.

“Ini harus jelas juga masalah kepemilikan, masalah stadion dan kerja sama dengan dispora atau kepemilikan lapangan di sana,” tambahnya.

Tak hanya itu, Sandi juga ingin tahu detail cara pembagian stadion saat Persewar Waropen menjamu lawannya. Lantaran klub asal Papua tersebut memutuskan bermain di Bantul.

“Begitu pula yang sudah menyatakan tidak bermain di kandangnya seperti Persewar, karena jarak yang jauh bagi mereka dan tim tamu. bagaimana cara membagi lapangannya nanti harus jelas supaya tidak bentrok,” ujarnya.