Liga 2 2019: BOPI Belum Mau Keluarkan Rekomendasi

Badan Olahraga Profesional Indonesia (BOPI), belum bisa memberikan rekomendasi untuk perhelatan Liga 2 2019. Keputusan ini karena masih banyak dokumen dari para kontestan yang belum lengkap.

Menurut Plt sekjen BOPI Sandi Suwardi, pihaknya memberi tenggat kepada PT Liga Indonesia Baru (LIB) selaku operator kompetisi sampai pekan depan. Apabila dokumen tersebut masih tidak lengkap mereka tak mengeluarkan rekomendasi.

Berdasarkan dokumen yang diserahkan PT LIB, baru ada tiga dari 23 klub Liga 2 yang nyaris sempurna data-datanya. Mereka adalah Persatu Tuban, PSIM Yogyakarta, dan Persis Solo.

Sementara sisa klub yang ada masih memiliki kekurangan dokumen yang harus dilengkapi. Tak ayal, BOPI menginginkan secepatnya permasalahan tersebut bisa diselesaikan karena Liga 2 bakal digelar 22 Juni 2019.

“Intinya hari ini BOPI menyampaikan kepada publik bahwa kami tidak cukup kuat alasan untuk mengeluarkan rekomendasi Liga 2. Banyak faktor, dan banyak hal khususnya yang bersifat administratif yang harus segera dilengkapi oleh klub,” kata Sandi, Kamis (13/6).

“BOPI tidak akan jemu menunggu dan mendorong untuk ikut serta membina jika memang ada hal yang perlu turun tangan untuk melakukan pembinaan kepada klub. Karena kami tidak menutup mata perguliran kompetisi liga ini tidak boleh dihambat.”

“Ya paling tidak mereka [LIB] butuh satu minggu untuk mengurus perizinan ke polisi. Senin depan [17/6], masih bisa untuk ke polisi kalau main home tanggal 22 [Juni] itu. Kalau tidak beres ya tidak bisa berputar,” tambahnya.

Rekomendasi dari BOPI memang sangat dibutuhkan PT LIB. Jika tidak mendapatkan hal tersebut operator kompetisi itu tak bisa meminta izin keramaian untuk menggelar pertandingan dari kepolisian.