Pelatih Baru Persija Jakarta ‘Tak Terkalahkan’ di Liga Spanyol

Pelatih baru Persija Jakarta, Julio Banuelos Saez, memiliki rekor tak terkalahkan di laga kandang kala menangani klub LaLiga Spanyol, Deportivo Alaves, pada tahun 2006 dan 2008.

Alaves sendiri merupakan klub sepak bola Spanyol terbaik yang pernah Saez tangani. Saez berkiprah dalam ajang LaLiga 2 waktu itu bersama Alaves dan meraih dua hasil ‘tak terkalahkan’ ketika bermain di kandang.

Pada musim 2006/2007, ia mengawali kiprahnya bersama skuat Alaves senior setelah mendapatkan promosi dari kursi kepelatihan tim cadangan. Saez kemudian mengawali tugasnya di Stadion Mendizorrotza, melawan Elche CF.

Alaves yang kala itu diperkuat oleh kiper legendaris Argentina, Roberto Bonano, tertinggal lebih dulu saat laga baru berjalan dua menit. Namun, pada menit ke-16, Ruben Navarro menyamakan kedudukan yang membuat Saez mendapatkan poin pertamanya.

Namun, setelah menelan kekalahan di markas Malaga, Saez memutuskan mundur karena alasan pribadi. Dikutip dari media El Mundo pada September 2006, jebolan akademi Real Madrid itu mengaku ingin rehat sejenak dari dunia sepak bola.

Adapun laga kandang kedua Saez bersama Alaves terjadi pada musim 2007/08 saat ia menjabat kembali. Alaves menahan imbang Granada dengan skor 2-2 di depan pendukungnya sendiri.

Namun, Saez yang masuk dengan status caretaker hanya bertahan satu laga. Ia digantikan oleh Jose Maria Salmeron dan turun jabatan sebagai asisten pelatih selama 16 pertandingan berikutnya.

Mengingat kekuatan Alaves saat itu tak diperhitungkan di Liga Spanyol, hasil tak terkalahkan di kandang yang ditorehkan Saez menjadi modal besar untuk Persija bersaing di kompetisi sepak bola Indonesia.

Gelar juara Persija musim lalu didapatkan salah satunya berkat penampilan solid di kandang. Dalam 17 laga kandang Liga 1 2018, tim asal Jakarta itu meraih 11 kemenangan, empat hasil imbang, dan hanya menelan dua kekalahan.

Terlebih, tim Macan Kemayoran berstatus sebagai juara bertahan dan memiliki materi pemain di atas rata-rata. Dengan pengalamannya menjadi asisten pelatih Luis Milla di Timnas Indonesia, Julio Banuelos Saez siap memberikan ancaman serius di kancah Shopee Liga 1 2019.

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*