PSM Makassar Kebut Renovasi Stadion Andi Mattalatta

Momen libur Lebaran dimanfaatkan betul oleh manajemen PSM Makassar. Perbaikan Stadion Andi Mattalatta langsung dikebut. Pembenahan fokus kepada dua hal, yakni pencahayaan stadion dan bench pemain.

Untuk pencahayaan, Stadion Andi Mattalatta memang masih belum sesuai standar PT Liga Indonesia Baru. Tercatat, kapasitas pencahayaan hanya 603 lux. Padahal standar LIB adalah 800 lux. Karena itu, manajemen sudah mendatangkan lampu untuk menambah penerangan. Pemasangan juga mulai dilakukan sejak jeda kompetisi.

“Kami targetkan proses pemasangan bisa tuntas dalam dua pekan,” kata CEO PSM, Munafri Arifuddin.

Pemasangan tampaknya tak akan menemui kendala. Sebab, PSM juga tak akan menggunakan Stadion Andi Mattalatta dalam waktu dekat. Itu karena laga pekan ke-4 menjamu Persipura Jayapura dipastikan ditunda. Sehingga mereka akan langsung fokus menjamu Becamex Binh Duong di babak semifinal leg pertama AFC Cup Zona ASEAN pada 19 Juni nanti.

Juku Eja – julukan PSM, baru akan menggunakan Stadion Andi Mattalatta kala menjamu Arema FC pada pekan ke-5, 23 Juni nanti. Artinya, waktu untuk pemasangan lampu sangat cukup. Jika semua lampu sudah terpasang, maka kapasitas pencahayaan akan mencapai 1.200 lux. Jumlah itu dua kali lipat dari kapasitas sebelumnya dan melebihi standar LIB yang hanya 800 lux.

Selain pencahayaan, bench pemain akan segera berubah. Saat ini, bench pemain masih merupakan kursi berwarna merah dari plastik. Sebentar lagi, kursi itu akan diganti dengan yang lebih mewah. Munafri menjelaskan, pihaknya sudah memesan 34 kursi yang biasanya digunakan dalam mobil balap. Nantinya, kursi itu akan dipasangan di bench. Artinya, setiap bench mendapat jatah 17 kursi.

Kursi yang dipesan juga sudah datang. Sayangnya, belum ada pemasangan yang dilakukan. “Karena kami mau ukur dulu. Kalau misal bench tidak muat untuk 17 kursi, ya kami harus bongkar dulu bench-nya,” jelas pria yang akrab disapa Appi itu. Diharapkan segala pembenahan itu dapat membuat performa Juku Eja terus menanjak usai libur Lebaran.

Apalagi, mereka memang jadi yang cukup meyakinkan dalam tiga laga perdana. Anak asuh Darije Kalezic itu meraih dua kemenangan dan satu hasil imbang. Total, mereka mampu melesakkan lima gol dan belum kebobolan sama sekali.