Alasan Persija Pilih Julio Banuelos sebagai Pelatih Baru

Persija Jakarta resmi menunjuk Julio Banuelos sebagai pelatih baru menggantikan Ivan Kolev. Banuelos dipilih karena dinilai punya kemampuan untuk mengangkat prestasi tim ibu kota.

Banuelos resmi diperkenalkan sebagai pelatih baru Persija pada Sabtu (8/6/2019). Ia akan dibantu koleganya, Eduardo Perez sebagai asisten pelatih.

CEO Persija, Ferry Paulus berharap Banuelos adalah pelatih yang tepat untuk timnya. Pengalaman Banuelos saat melatih beberapa tim di luar negeri termasuk menjadi asisten pelatih Luis Milla di Timnas Indonesia diharapkan berdampak positif untuk Persija.

“Yang pertama, Julio (Banuelos) ini bukan orang baru di sepak bola Indonesia. Dia pernah jadi asisten (Luis) Milla dan dia sangat mengenal sepak bola Indonesia. Dia juga membawa Edu (Eduardo Perez,Red) sebagai asisten pelatih karena jauh lebih lama di Indonesia. Persija butuh penyegaran di posisi pelatih. Apalagi kompetisi juga masih panjang karena baru berjalan tiga pertandingan,” kata Ferry.

“Harapan kami, dengan waktu yang tersisa, dia bisa mulai mengenai para pemain yang ada supaya bisa mmebangun chemistry yang baik untuk Persija ke depan,” kata Ferry menambahkan.

Ferry mengakui, sebelum memilih Banuelos, Persija kebanjiran tawaran pelatih dari berbagai pihak. Namun, dari sekian kandidat yang ada, manajemen kemudian memutuskan untuk menunjuk Banuelos.

“Kami memilih pelatih yang betul-betul pas dari yang ada. Dari sisi taktital, Julio (Banuelos) adalah orang yang tepat dari sekian banyak pelatih. Kemudian, sebagai tim yang sudah mapan, Persija harus memilih pelatih dengan jam terbang besar. Kita tahu, selama ini Julio (Banuelos) banyak melatih klub-klub besar,” kata Ferry.

Sebelum menjadi asisten pelatih Milla di Timnas Indonesia dan kini menangani Persija, Banuelos tercatat pernah bekerja di beberapa tim di Eropa. Seperti di Alaves (pelatih kepala), Apoel FC (asisten pelatih), dan Leeds United (asisten pelatih).