Pemegang Hak Siar Liga 1 2019 Keberatan Jadwal Pekan Keempat Ditunda

Keputusan PSSI meminta PT LIB menunda seluruh pertandingan pekan keempat Liga 1 2019 mendapat penolakan dari Emtek. Selaku broadcaster Liga 1 2019, Emtek tidak setuju kalah rangkaian pertandingan pekan keempat 14-16 Juni 2019 ditunda.

Seperti diketahui PSSI melalui surat bernomor 1781/udn/382/c-2019 pada 29 Mei 2019, menyuruh LIB menunda pertandingan pekan keempat, dikarenakan pada 15 Juni 2019 ada uji coba Timnas Indonesia vs Vanuatu.

Akhirnya LIB merespons dengan menunda pertandingan pekan keempat pada 27-28 Agustus 2019. Keputusan itulah yang dianggap Emtek tidak strategis.

Seperti dikutip dari bola.com, Ekin Gabriel Surbakty selaku GM Programming Indosiar yang mewakili Emtek, keberatan dengan keputusan sepihak dari PSSI dan LIB. Penundaan itu dipandang merugikan banyak pihak.

“Sudah jelas dari penyusunan jadwal Liga 1 2019, bahwa pertandingan sesudah Lebaran dimulai pada 14 Juni 2019. Kalau nanti jadwal digeser, menyebabkan banyak pekan padat,” katanya.

“Penundaan jadwal menjadi hari kerja (Senin-Kamis) juga tidak ideal. Baik buat klub dan penonton. Ini merugikan. Termasuk imbasnya ke rating televisi yang mempengaruhi sponsor.”

“Emtek tidak setuju. Karena jadwal dari awal sudah jelas. Penundaan jadwal berpengaruh kepada kepentingan sponsor, televisi, dan penonton. Tidak hanya penonton di stadion, tapi juga pemirsa di rumah. Apalagi pertandingan melawan Vanuatu ada di luar periode FIFA Matchday,” ia menjelaskan.

Pihak Emtek, kata Ekin, sudah mengirim surat keberatan secara resmi kepada LIB. Namun sampai sekarang diungkapkannya PSSI dan LIB masih bersikeras. “Tapi kami juga bersikeras. Penundaan jadwal membuat banyak pihak dirugikan,” ujar Ekin.

Lebih baik, kata Ekin, pertandingan Timnas Indonesia vs Vanuatu tetap jalan, begitu pula dengan pertandingan pekan keempat, juga bisa jalan.