Prediksi Persipura vs PSS: Tuan Rumah Bidik Kemenangan Pertama, Tim Tamu Siap Menjegal

Persipura Jayapura menjamu PSS Sleman dalam laga pekan ketiga Shopee Liga 1 2019 di Stadion Mandala, Jayapura, Jumat (31/5/2019). Gagal meraih kemenangan dalam dua laga pertama musim ini, Persipura memiliki motivasi besar untuk meraih kemenangan perdana pada musim ini yang kebetulan digelar dalam laga kandang pertama mereka pada musim ini.

Persipura harus menyerah 0-3 saat bertandang ke markas Persib Bandung pada laga pekan pertama. Setelah itu, Persipura harus puas bermain imbang 2-2 dengan Persela Lamongan di Stadion Surajaya pada laga pekan kedua.

Kembali ke Stadion Mandala untuk menggelar laga kandang pertama mereka musim ini, Persipura Jayapura pun menargetkan kemenangan pertama. Menjamu PSS Sleman yang merupakan juara Liga 2 musim lalu, Persipura tak akan lengah demi bisa memastikan tiga poin menjadi milik mereka.

“Kami sudah melakukan persiapan untuk pertandingan ini. Semua pemain memiliki motivasi tinggi saat latihan. Saya meminta kepada para pemain untuk memberikan seluruh kemampuan yang mereka miliki. Usaha dan kerja keras menjadi hal yang penting. Kami tidak boleh lengah hingga wasit meniup peluit akhir pertandingan,” ujar pelatih Persipura, Luciano Leandro.

Namun, Persipura harus kehilangan dua pemain di lini depan. Kapten tim Boaz Solossa harus menjalani larangan bermain. Sementara itu, Marinus Wanewar harus menjalani hukuman akumulasi setelah terkena dua kartu kuning dalam laga kontra Persela.

Namun, hal tersebut tak menyururutkan semangat Persipura untuk meraih kemenangan di depan para pendukungnya. Luciano Leandro masih memiliki Titus Bonai yang bisa diandalkan di lini depan. Pemain senior Persipura, Yustinus Pae, bahkan menegaskan siap bekerja keras untuk memastikan tiga poin menjadi milik Mutiara Hitam.

“Kami siap memberikan yang terbaik dalam pertandingan ini. Mau tidak mau kami harus bekerja keras untuk mengamankan tiga poin karena ini pertandingan pertama di kandang. Kami ingin memperbaiki peringkat dalam klasemen sementara Liga 1,” ujar pemain Persipura itu.

PSS Sleman datang ke Jayapura dengan berbekal hasil apik sebelum meladeni Persipura Jayapura di Stadion Mandala, Jayapura, Jumat (31/5/2019) malam. Empat poin sukses mereka raih dalam dua laga awal, membuat PSS kini berada di posisi sepuluh besar klasemen sementara Shopee Liga 1 2019.

Hanya saja PSS memerlukan perjuangan ekstra bisa meraih poin di Stadion Mandala, Jayapura, yang terkenal angker bagi lawan-lawannya. Persipura dikenal sulit kalah bila bermain di kandang sendiri. PSS sedikit lega dengan bakal absennya dua pilar Persipura yakni Boaz Solossa dan Marinus Manewar.

Namun, persoalan tersendiri harus dihadapi Super Elang Jawa (julukan PSS Sleman) di bumi Cenderawasih. Mereka harus berjuang dengan keterbatasan jumlah pemain. Tercatat hanya 16 pemain yang diangkut Seto Nurdiyantoro ke Jayapura. Praktis hanya empat pemain pengganti saja di luar penjaga gawang.

Untuk komposisi pemain, Seto Nurdiyantoro bakal sedikit melakukan rotasi di beberapa posisi. Untuk lini belakang diprediksi tidak terjadi perubahan dengan memainkan Bagus Nirwanto, Alfonso De La Cruz, Ikhwan Ciptady, dan Derry Rachman.

Barisan gelandang akan diisi Brian Ferreira, Sidik Saimima dan. Ricky Kambuaya. Tiga striker Yevhen Bokhasvili, Arsyad Yusgiantoro, dan Kushedya Hari Yudo bakal tampil sejak awal permainan. Pelatih PSS Sleman, Seto Nurdiyantoro mengklaim timnya tetap akan siap tempur, meski dalam keterbatasan.

“PSS hanya membawa 16 pemain, karena lima pemain kami mengalami cedera. Kendala lain juga kondisi fisik pemain kami yang habis dalam perjalanan, tapi kami harus tetap berjuang,” terang Seto Nurdiyantoro dalam konferensi pers di Jayapura, Kamis (30/5/2019).

Paham bakal tak mudah meladeni permainan Persipura, Seto masih sangat yakin timnya dapat membuat kejutan. Pelatih 45 tahun ini berharap Kushedya Hari Yudo dkk. mengerahkan segala potensi yang ada. Seto juga menaruh respek terhadap Persipura

“Target kami adalah bisa merepotkan dan mencuri poin di sini. Kami serahkan kepada yang di atas. Persipura menjadi kandidat juara dengan cara bermain yang khas,” ujar Seto.

Prakiraan Susunan Pemain
Persipura (4-3-3): Mario Fabiyo Londok (kiper); Ricardo Salampessy, Yustinus Pae, Andre Ribeiro, Valentino Telaubun (belakang); Oh In-kyun, Ibrahim Conteh, Ronald Mesidu (tengah); Muhammad Tahir, Mamadou Samassa, Titus Bonai (depan)

Pelatih: Luciano Leandro

PSS Sleman (4-3-3): Ega Rizky (kiper); Bagus Nirwanto, Alfonso De La Cruz, Ikhwan Ciptady, Derry Rachman (belakang); Brian Ferreira, Sidik Saimima, Ricky Kambuaya (tengah); Yevhen Bokhasvili, Arsyad Yusgiantoro, Kushedya Hari Yudo (depan)

Pelatih: Seto Nurdiyantoro