Persis Solo Coret Tiga Nama, Promosi Degradasi Masih Bisa Terjadi

Klub Persis Solo membuat kejutan dengan mencoret mantan pemain Liga Timor Leste, Assalam FC yakni Riki Nata. Pemain asal Bandung ini akhirnya kini sudah resmi kembali ke klub lamanya, Assalam FC.

Sebelumnya Riki sempat dikontrak Persis dengan status rekomendasi, namun seiring berjalannya waktu ternyata namanya dinyatakan tak masuk skuad Laskar Sambernyawa untuk kompetisi Liga 2 2019. Riki Nata awalnya diproyeksikan untuk mengisi pos bek kanan. Dia bersaing dengan pemain muda jebolan SKO Ragunan, Dedi Tri Maulana. Sayang dalam perjalanan Persis di pramusim ini, namanya harus tersisihkan karena dianggap kurang berkembang.

Coach Agus Yuwono akhirnya sudha memastikan mendatangkan sosok baru untuk menguatkan kerangka tim di sektor pertahanan. Nama yang dipastikan bergabung di posisi ini adalah Wirabuana “Vandy” Prayogo yang sebelumnya berseragam PSS Sleman

Selama masa persiapan, Riki Nata hanya mendapat kesempatan tampil dalam uji coba lawan klub lokal, itupun sebagai pemain pengganti. Untuk melawan klub-klub besar macam Sriwijaya FC hingga Persik Kediri, Dedi Tri lebih diprioritaskan untuk jadi starter.

Masuknya Vandy tentu jadi angin segar buat menguatkan kerangka tim. Terlebih jam terbangnya dengan sukses bermain dengan banyak klub macam Barito Putera, Martapura FC dan PSS Sleman tentu dirasa lebih potensial untuk direkrut tim.

”Kita memiliki kuota 24 pemain untuk didaftarkan ke PT. Liga Indonesia. Hal ini tentu membuat harus ada pemain yang tersisihkan,” terang Agus Yuwono.

Riki Nata ternyata tak sendiri. Diwaktu yang bersamaan, Persis memulangkan dua nama lainnya, yakni Andika Dian Asruri (eks Persegres Gresik) dan Yoga Tri Septian (eks Bhayangkara FC). Keduanya pemain seleksi ini belum masuk kriteria tim pelatih.

Untuk dua pemain trial lain, yakni Wahyu Kristanto (eks PSPS Riau) dan Ardy Yanuar (eks Kalteng Putra) masih diberi waktu lebih untuk unjuk gigi. Bukan tidak mungkin di antara dua nama ini akan masuk rekomendasi, itu pun jika kualitasnya dirasa mempuni.

Sebelumnya awal Mei lalu, usai kalah uji coba dengan Sriwijaya FC (0-1) usai laga Persis langsung memulangkan dua pemain seleksinya. Yakni Ilham (eks PSCS Cilacap) dan Deny Kristian yang sebelumnya bermain untuk Persibat Batang. (nik)