PSSI Putuskan Liga 1 Menggunakan VAR

Rencana penggunaan Video Assistant Referee (VAR) di Shopee Liga 1 2019 bukan lagi sekadar wacana. PSSI dan PT Liga Indonesia Baru (LIB) selaku operator kompetisi telah menetapkan pemakaian teknologi tersebut.

Penggunaan VAR bertujuan menjaga kualitas Liga 1 2019. Putusan ini lahir dalam rapat Komite Eksekutif (Exco) PSSI di Jakarta pada akhir pekan lalu.

PSSI lantas meminta PT LIB untuk membuat kajian dari sisi anggaran dan insfrastruktur. Terkait pemakaian VAR, PSSI juga akan menyesuaikan dengan peraturan FIFA.

“PSSI tentunya juga akan menyiapkan wasit-wasit terbaik yang nantinya bertugas di belakang layar dalam pengoperasian VAR,” kata Sekretaris Jenderal (Sekjen) PSSI, Ratu Tisha Destria disadur dari laman PSSI.

Di situsnya, PSSI menyebut bahwa VAR bakal digunakan dalam keputusan-keputusan besar seperti penalti, kartu merah, dan gol.

Penerapan VAR dalam praktiknya akan lebih selektif. Wasit hanya memakai VAR saat ragu dengan keputusannya.

Nantinya, wasit akan berkomunikasi melalui sistem cek ke VAR. Setelah itu baru ditampilkan tayangan ulang VAR. Bukan permintaan pemain atau tim, tapi langsung keputusan wasit.

Terkait kapan VAR akan diterapkan di Shopee Liga 1 2019, PSSI masih belum bisa memastikan.