Indonesia Tertarik Ikut ‘Bidding’ Tuan Rumah Piala Dunia U-20

PSSI secara resmi telah menyampaikan kepada FIFA tertarik menjadi tuan rumah Piala Dunia U-20 2021. Ketertarikan PSSI ini diumumkan induk organisasi sepakbola dunia tersebut di laman resminya.

Berdasarkan undangan yang disebarkan ke seluruh anggota FIFA pada 23 April, delapan federasi memberikan respons sebelum batas akhir 21 Mei. Dari delapan federasi ini, tiga diantaranya mengajukan diri menjadi tuan rumah tunggal.

Tiga federasi yang ingin menjadi tuan rumah tunggal adalah Indonesia, Brasil, dan Peru. Sedangkan lima anggota lainnya menawarkan diri menjadi tuan rumah bersama, yakni Bahrain, Arab Saudi, dan Uni Emirat Arab, serta Myanmar dan Thailand.

FIFA kemudian akan mengirimkan dokumen terkait bidding hari ini. Federasi yang menyatakan tertarik diwajibkan untuk mengonfirmasi ulang keikutsertaan mereka dengan menandatangani syarat dan ketentuan mengikuti bidding pada 21 Juni.

Selanjutnya, FIFA memberikan batas waktu hingga 30 Agustus kepada peminat untuk memasukkan penawaran. Penentuan tuan rumah akan diputuskan oleh Dewan FIFA pada kuartal terakhir 2019.