Seleksi Tahap Pertama Serang Jaya: 29 Pemain Bertahan

Seleksi pemain tim Serang Jaya tahap pertama telah rampung. Tim berjuluk Laskar Benteng Tirtayasa itu merampingkan pemain dari 100 menjadi 29 orang. Puluhan pemain itu harus melalui tahapan degradasi sebelum ditunjuk untuk membela Serang Jaya dalam Kompetisi Liga 3 Indonesia.

Serang Jaya telah melakukan seleksi tahap pertama selama tiga hari di Stadion Maulana Yusuf (MY), Ciceri, Kota Serang. Seleksi dimulai sejak Jumat (16/5) hingga Minggu (18/5). Juru taktik baru Serang Jaya Yusuf Bachtiar memantau secara langsung seleksi yang digelar.

Tercatat ada 100 orang peserta mengikuti seleksi tahap pertama tersebut. Seluruh peserta merupakan warga Kota Serang. Usai seleksi tahap pertama, pemain yang lolos dianjurkan terus berlatih.

“Dari 100 peserta yang ikut seleksi, kita sudah mendapatkan 29 pemain. Seluruhnya warga Serang. Tapi, ini belum fix jadi pemain inti karena kita masih terapkan sistem degradasi dan promosi. Mereka harus menjadi yang terbaik agar bisa bertahan,” kata panitia seleksi Yayat Dekriatna, Senin (20/5).

Tim pemantau bakat, Doli Sutikno mengatakan, 29 pemain itu telah menempati semua posisi tim, kecuali posisi penjaga gawang. Sehingga, seleksi tahap kedua akan difokuskan mencari penjaga gawang. “Untuk pemain senior kita sudah dapatkan tiga orang. 29 pemain yang terjaring juga sudah lengkap mengisi tiap posisi, tinggal kiper saja yang belum. Sementara ini, pemain kita pulangkan ke rumahnya masing-masing, belum ada latihan. Nanti disambung lagi dengan seleksi tahap kedua,” beber Doli.

Sementara Yusuf Bachtiar menilai Kota Serang memiliki potensi untuk melahirkan pesepak bola andal. “Saya lihat potensinya bagus-bagus. Punya kemauan yang kuat,” ucap mantan penggawa Persib Bandung itu.

Ketua Umum Asosiasi Kota (Askot) Persatuan Sepak Bola Seluruh Indonesia (PSSI) Kota Serang Zeka Bachdi mengapresiasi seleksi Serang Jaya yang disambut antusiasme warga Kota Serang. Zeka mengaku, itu sudah sejalan dengan tekad PSSI Kota Serang yang mengutamakan pemain lokal.

“Sesuai ketentuan PSSI pusat, seleksi kita batasi harus kelahiran 1997-1998. Harapannya, kita ingin yang menempati posisi pemain Serang Jaya bisa dari warga lokal Kota Serang,” kata Zeka. (rbs/nda/ira)