Mengenal Merlion Cup, Turnamen Bergengsi Ajang Pemanasan Timnas Indonesia U-22 Menuju SEA Games 2019

Timnas Indonesia U-22 bakal memanasi mesin jelang SEA Games 2019 dengan tampil di Merlion Cup 2019. Meski masih beberapa bulan lagi sebelum pesta olahraga terbesar di Asia Tenggara itu, turnamen yang digelar di Singapura itu bisa bermanfaat sebagai persiapan Tim Garuda Muda.

Mungkin ada beberapa yang masih asing dengan turnamen Merlion Cup. Wajar saja karena turnamen ini vakum hampir satu dekade lamanya.

Dari situ bisa dilihat, Merlion Cup bukan turnamen yang baru dibentuk melainkan punya rekam jejak yang sudah lumayan panjang.

Untuk edisi terbaru, 2019, panpel meluncurkan kembali Merlion Cup dengan format baru, yakni diikuti empat peserta saja, satu peserta jelas diisi tim tuan rumah, Timnas Singapura U-22.

Tiga peserta lain yang diundang panpel adalah tim tetangga, sama-sama level U-22, selain Indonesia ada pula Thailand (juara bertahan SEA Games) serta Filipina (tuan rumah SEA Games 2019).

Pada peluncuran edisi terbaru ini pada Rabu (15/5/2019), Merlion Cup juga hadir dengan logo baru, namun masih tetap memperlihatkan icon Singapura.

Dilucurkan pula trofi baru yang sangat mengilap. Sebagai informasi, trofi juara ini berwarna perak dan punya bobot 20 kilogram.

Dilansir dari situs resmi Asosiasi Sepak Bola Singapura (FAS), Merlion Cup kali pertama hadir pada 1982. Hingga edisi 1986, Merlion Cup merupakan turnamen tahunan dan sudah diikuti 18 negara, seperti Australia, China, Irak, dan Chile.

Pada edisi keenam, 1992, turnamen ini dimenangi Korea Selatan. Kemudian pada edisi terakhir, 2009, Merlion Cup dimenangi Liverpool.

Untuk edisi 2019 ini, turnamen dimulai pada 7 Juni 2019 dengan dibuka duel Thailand versus Timnas Indonesia U-22. Pada pertandingan berikutnya, pada hari sama, ada tim tuan rumah yang akan menghadapi Filipina.

Lantaran hanya empat tim, pemenang dari pertandingan itu akan langsung tampil di partai final pada 9 Juni 2019.

Seluruh pertandingan dimainkan di Jalan Besar Stadium, Singapura.

Presiden FAS, Lim Kia Tong, menuturkan pencinta sepak bola, terutama yang berusia lebih dari 20-an tahun, mengingat Merlion Cup sebagai turnamen bergengsi dan kompetitif dengan peserta tim-tim dari berbagai belahan dunia yang saling bersaing.

Turnamen ini juga menjadi ajang di mana Singapura memberikan kesempatan pada pesepak bola muda mereka untuk memiliki lebih banyak jam terbang.

“Inilah alasan mengapa kami memutuskan menjadikan turnamen ini sebagai turnamen kelompok usia, terutama untuk Timnas U-22. Kami senang Indonesia, Filipina, dan Thailand menerima undangan dan mengonfirmasi partisipasi mereka di Merlion Cup tahun ini,” ujar Lim Kia Tong.

“Ini akan menjadi kesempatan baik bagi tim peserta untuk mendapatkan pengalaman bermain internasional, terutama dengan SEA Games yang akan datang pada akhir tahun ini, sambil menjalin persahabatan yang berharga.”

“Dengan kebangkitan turnamen ini, kami bermaksud agar Merlion Cup terus berlanjut sebagai agenda tahunan dalam kalender sepak bola Singapura,” kata Lim Kia Tong.

Jadwal Pertandingan
Venue: Stadion Jalan Besar, Singapura

7 Juni 2019

Jam 15.30 WIB Thailand vs Indonesia

Jam 18.30 WIB Singapura vs Filipina

9 Juni 2019

Jam 15.30 WIB Laga perebutan peringkat ketiga dan keempat

Jam 18.30 WIB Partai final