Masuk Daftar Panggil Timnas, Begini Curahan Hati Marck Klok

Pelatih timnas, Simon McMenemy, memanggil 25 pemain untuk melakoni dua laga uji coba kontra Yordania (11/6/2019) dan Vanuatu (15/6/2019). Namun, ada satu nama lain di luar jumlah itu, yaitu Marc Anthony Klok, seorang Belanda yang tengah menjalani proses naturalisasi.

“Khusus Marc Klok, kami tim pelatih ingin melihat secara langsung dia berlatih bersama dengan timnas Indonesia,” kata Simon di situs resmi PSSI.

Lewat unggahan di instagramnya, pemain PSM kelahiran Amsterdam, 20 April 1993 itu pun menunjukkan antusiasnya. Dengan memasang foto dirinya memakai jersey timnas bersama Presiden PSM, Munafri Arifuddin, Klok menuliskan caption yang menjelaskan perasaannya kini.

“Hari ini, mimpiku menjadi kenyataan. Dan saya tidak bisa ungkapkan dengan kata kata betapa bangganya, bersyukur, dan bahagianya saya. Pertama-tama, saya ingin sampaikan bagi yang mungkin belum mengetahui hal ini: Saya sedang menyelesaikan proses naturalisasi saya.

Kenapa? Sederhana saja. Saya merasa bahwa ini ada rumah bagi saya. Lebih dari yang saya rasakan ditempat tempat lain. Saya berterimakasih untuk kalian semua. Sebuah kebanggaan dan mimpi untuk bisa dipanggil ke Timnas Indonesia,” tulis Klok.

Klok pun menyadari bahwa dirinya masuk daftar panggil hanya untuk latihan saja bersama timnas. Ia berharap proses naturalisasinya segera selesai agar bisa resmi menjadi bagian dari timnas.

“Kali ini hanya untuk latihan saja. Untuk beradaptasi dengan tim dan untuk mempersiapkan diri untuk World Cup Qualifiers. Karena saya masih belum diizinkan untuk bermain karena prosesnya belum selesai. Dengan kehendak Tuhan mudah-mudahan ini akan selesai segera. Saya ingin berterimakasih kepada PSSI dan Simon Mcmeneny untuk kepercayaannya kepada ku,” tulisnya melanjutkan.

Tak lupa, Klok mengucapkan terima kasih juga kepada PSM serta seluruh supporter. Ia bertekad akan memberikan 100 persen untuk Indonesia.

“Kapan dan jika nanti selesai, saya akan diberikan sebuah kehormatan untuk bisa membela Pasukan Garuda. Saya ingin sampaikan bahwa saya akan memberikan segalanya untuk negara ini. Saya saya harap bisa membayar kepercayaan itu dengan performa Ku,” tulis Klok.