Garuda Select, Pembinaan Usia Muda yang Menjanjikan dalam Sisi Bisnis

Garuda Select angkatan pertama telah berakhir. Lewat program yang berlangsung selama lima bulan itu, sebanyak 25 pemain berusia U-17 mendapat pelatihan berstandar Eropa di Inggris.

Program hasil kerja sama antara PSSI dengan SuperSoccer TV itu diharapkan dapat membentuk individu-individu pemain yang bisa membawa Indonesia ke Oimpiade 2024.

Tapi, meski bertajuk program pembinaan usia muda, Garuda Select ternyata dapat menyedot atensi masyarakat. Hal itu dibuktikan dari banyaknya masyarakat yang menonton tayangan Garuda Select di SuperSoccer TV.

“Dari laga yang dimainkan selama program, pertandingan puncak melawan Chelsea U-16 meraih jumlah rekor penonton terbesar yang pernah diraih SuperSoccer TV, yaitu sebanyak 4.778.982 penonton,” ucap Mirwan Suwarso, SuperSoccer TV Business Development.

“Sementara untuk liputan dokumenter berjudul Dream Chasers di SuperSoccerTV, angka tertinggi diraih dari episode 13 yang tayang pada 23 April 2019 dan meraih 6.612.942 penonton,” tutur Mirwan melanjutkan.

Mengacu pada data itu, selain bagus untuk pembinaan, Garuda Select juga menjanjikan dari sisi bisnis. Hal itu pun diakui oleh Mirwan. Dirinya pun tak salah jika memposisikan program Garuda Select sebagai program komersil.

“Kami ini jualan. Kami ada pemasukan dari sponsor dan iklan. Ini bukan ajang amal atau CSR,” ujar Mirwan.

Namun saat ditanya soal perbandigan antara pemasukan dan pengeluaran, Mirwan menjawab masih belum berimbang.

“Untuk tahun ini belum sampai setengahnya (pemasukan dibadingkan pengeluaran),” katanya. Tapi, ia optimistis di tahun kedua dan seterusnya, ada progres yang baik dari sisi pemasukan.