Prediksi Persela Vs Persipura: Pantang Mengulangi Kekalahan

Persela Lamongan akan menjamu Persipura Jayapura pada laga pekan kedua Shopee Liga 1 2019 yang berlangsung di Stadion Surajaya, Lamongan, Rabu malam WIB (22/5/2019). Laga diprediksi berlangsung sengit karena kedua tim sama-sama mengincar kemenangan perdana.

Persela Lamongan dan Persipura mengawali Shopee Liga 1 2019 dengan buruk. Persela kalah telak dengan skor 1-5 dari Madura United, sedangkan Persipura dibungkam Persib Bandung dengan skor 0-3.

Situasi itu membuat keduanya tercecer di papan bawah klasemen. Persela berada dasar klasemen sementara, sedangkan Persipura berada satu tingkat di atasnya.

Tak ingin kembali menelan kekalahan, pelatih Persela, Aji Santoso, memberikan sinyal akan melakukan rotasi pemain pada laga melawan Persela. Strategi tersebut dilakukan karena Aji mengaku pihaknya sudah menemukan kesalahan yang membuat mereka menelan kekalahan pada laga pembuka.

Apalagi pada pertandingan ini Persela tampil tanpa Alex dos santos Goncalves akibat kartu merah di laga sebelumnya.

“Kami sudah latihan untuk menghadapi Persipura. Ada beberapa perubahan komposisi pemain yang diharapkan membawa dampak positif buat Persela Lamongan,” kata Aji.

“Setelah pertandingan (melawan Madura United), pemain kami liburkan, tujuannya untuk evaluasi secara pribadi. Setelah itu baru evaluasi secara tim. Tujuan kami adalah untuk membenahi mental pemain supaya stabil untuk menghadapi Persipura,” ucap Aji.

Ada kemungkinan dua atau tiga pemain yang masuk komposisi tim di laga perdana lalu, diganti. Meski tak menjelaskan siapa saja pemain tersebut, besar kemungkinan Aji akan menurunkan Hambali Tholib sejak awal laga, begitu pula dengan Rafael Gomes de Oliveira yang di pertandingan sebelumnya masuk dari bangku cadangan.

Sementara di sektor depan Persela Lamongan, jika Malik Risaldi tak diturunkan, Aji besar kemungkinan memasang Ghifari Fais. Bila tetap menurunkan Malik, tak tertutup kemungkinan Ahmad Birrul Walidain, yang tampil tak maksimal di pertandingan sebelumnya, diganti pemain lain.

Sementara itu, hal serupa juga sudah dilakukan Persipura setelah menelan dari Persib Bandung. Pelatih Luciano Leandro mengaku pihaknya sudah melakukan evaluasi dan sudah menemukan beberapa faktor penyebab atas kekalahan tersebut.

Dengan melakukan pendekatan persuasif kepada semua pemain, Luciano Leandro yakin timnya bisa meraih kemenangan perdana musim ini di markas Persela.

“Setelah pertandingan melawan Persib, kami sudah melakukan evaluasi dengan cara berbicara dengan semua pemain. Kami juga sudah menemukan beberapa kesalahan yang ada pada pertandingan pertama,” ujar Luciano Leandro.

“Sekarang, pada pertandingan kedua kami yakin bisa tampil lebih baik,” tegas pelatih asal Brasil itu.

Statistik Soccerway mencatat, pertandingan ini menjadi pertemuan ke-28 sepanjang sejarah. Persipura masih dominan dengan 18 kemenangan, Persela meraih empat kemenangan, dan lima laga berakhir imbang.

Prakiraan susunan pemain

Persela Lamongan (4-2-3-1): Dian Agus Prasetyo (kiper), Eky Taufik Febriyanto, Arif Satria, Mawouna Amevor, Ahmad Birrul Walidain (belakang), Kei Hirose, Lucky Wahyu, Malik Risaldi, Marcel Alexander Kararbo, Delvin Rumbino (tengah), Hambali Tolib (depan)

Pelatih: Aji Santoso (Indonesia)

Persipura Jayapura (4-3-3): Dede Sulaiman (kiper), Valentino Telaubun, Muhammad Tahir, Ricardo Salampessy, Ribeiro dos Santos (belakang), Ian Louis Kabes, Oh In-kyun, Yustinus Pae (tengah), Boaz Solossa, Gunansar Mandowen, Marinus Wanewar (depan)

Pelatih: Luciano Leandro (Brasil)