Sembilan Pertemuan Arema FC vs Borneo FC, Siapa Lebih Unggul?

Arema FC sudah sembilan kali berhadapan dengan Borneo FC sejak tahun 2015. Dalam sembilan kali pertemuan itu, Arema FC hanya mampu meraih sekali kemenangan.

Satu-satunya kemenangan itu terjadi di final Piala Presiden 2017. Itu pun terjadi di tempat netral: Stadion Pakansari, Bogor.

Sementara di delapan laga lainnya, baik itu di Stadion Kanjuruhan, Stadion Segiri Samarinda, maupun tempat netral, tidak ada satu pun yang berhasil dimenangkan Arema FC. Termasuk dalam tiga pertemuan di musim lalu.

Musim lalu, seri menjadi hasil terbaik yang diraih Arema FC saat berhadapan dengan Borneo FC. Sementara pada dua laga lainnya, Arema FC selalu kalah.

Yang menarik, di musim lalu, Borneo FC selalu berhasil mencetak dua gol ke gawang Arema FC di setiap laganya. Artinya, total, Borneo FC enam kali membobol gawang Arema FC musim lalu.

Matias Conti dan Lerby Eliandry sama-sama mencetak dua gol ke gawang Arema FC. Dua pemain ini masih menjadi bagian dari skuad Borneo FC musim ini.

Pelatih Arema FC Milomir Seslija tahu betul bahwa timnya selalu menghadapi kesulitan ketika menghadapi Borneo FC. Sebab, pada 2016 lalu, Milo juga menjadi pelatih Arema FC. Dan dua kali memimpin Arema FC menghadapi Borneo FC. Hasilnya, tim besutan Milo tak pernah menang lawan Pesut Etam–julukan Borneo FC

”Ya, memang itu menjadi laga yang sulit buat kami. Tidak mudah. Dan tidak ada yang bisa menjamin (bisa menang lawan Borneo),” ujar Milo kemarin (18/5).

Dia pun melihat bahwa Borneo FC musim ini masih jadi tim yang patut diperhitungkan. ”Mereka lebih kuat. Mereka juga bermain bagus,” kata dia.

Musim ini, selain mempertahankan sejumlah pilar penting, seperti Diego Michiels, Matias Conti, hingga Lerby, Borneo FC mendatangkan sejumlah pemain baru. Di antaranya, Terens Puhiri (eks Port FC-Thailand) dan Renan Silva (Persija).

Keberadaan eks asisten pelatih Inter Milan, Mario Gomez diyakini bisa mendongkrak kepercayaan diri pemain Borneo FC. ”Mereka lebih kuat sekarang,” kata dia.

Tapi, Milo tetap percaya bahwa tidak ada yang tidak mungkin dalam sepak bola. Kans Arema FC memetik kemenangan di Stadion Segiri Samarinda Rabu (22/5) masih terbuka lebar. ”Asal bisa fokus, kami bisa meraih hasil bagus di Samarinda. Setelah kehilangan poin di Sleman, kami harus coba ambil poin di Samarinda,” tegas dia. (c2/muf)

Hasil Laga Arema FC vs Borneo FC dari Sembilan Kali Pertemuan

11/08/2018 Arema FC vs Borneo FC 2-2 Liga 1

09/04/2018 Borneo FC vs Arema FC 2-1 Liga 1

25/02/2018 Borneo FC vs Arema FC 2-1 Piala Gub. Kaltim

11/11/2017 Borneo FC vs Arema FC 3-2 Liga 1

30/07/2017 Arema FC vs Borneo FC 0-0 Liga 1

12/03/2017 Borneo FC vs Arema FC 1-5 Piala Presiden

11/12/2016 Borneo FC vs Arema FC 2-2 ISC A

20/08/2016 Arema FC vs Borneo FC 1-2 ISC A

22/12/2015 Arema FC vs Borneo FC 2-2 Piala Jend. Sudirman