Alex Dos Santos Kartu Merah, Persela Lamongan Krisis Striker

Pelatih Persela Lamongan Aji Santoso harus memutar otak lebih keras lagi untuk membangkitkan Laskar Joko Tingkir setelah digasak Madura United 5-1 di Stadion Surajaya, Jumat (17/5) malam WIB.

Persela dipastikan kehilangan Alex dos Santos ketika menjamu Persipura Jayapura, Rabu (22/5), karena mendapatkan kartu merah di menit ke-60. Menurut Aji, absennya Alex membuat pilihan di lini depan makin minim. Di lain sisi, gelandang Rafael ‘Rafinha’ Gomes de Oliviera masih butuh adaptasi.

“Rafael kondisinya tidak 100 persen, jadi enggak mungkin saya paksakan. Rafael masih perlu adaptasi, tiga minggu enggak ikut latihan [urus KITAS]. Tapi pertandingan kedua akan coba saya lihat lagi,” ujar Aji.

“Kami akan coba merombak beberapa posisi, karena Alex tidak bisa main. Kami harus segera mencari alternatif. Stok striker kami juga kurang. Tapi saya ingin istirahatkan pemain dulu selama satu hari.”

“Ini pertandingan yang tidak mengenakkan, karena kami kalah. Kami harus cepat bangkit untuk menghadapi pertandingan selanjutnya. Kami tidak boleh meratapi kekalahan, dan harus cepat bangkit.”

Selain lini depan, permasalahan juga ada di sektor pertahanan. Menurut Aji, tiga gol pertama Madura United bukan disebabkan skema permainan lawan yang bagus, namun akibat kesalahan sendiri.

“Kami sayangkan di babak pertama terjadi tiga gol). Padahal, mental anak-anak sempat naik saat imbang 1-1. Gol pertama, kedua, dan ketiga bukan dari kerja sama tim lawan, tapi memang pemain belakang antisipasinya kurang bagus,” jelas Aji. (gk-43)