Pemain Arema Waswas, Latihan Diwarnai Nyala Petasan Ulah Aremania

Suasana latihan Arema di Stadion Gajayana, Malang, Minggu sore (19/5/2019) penuh dengan rasa waswas. Pemain yang sedang berjibaku melahap sesi internal game, merasa kurang nyaman.

Penyebabnya, ada sebagian Aremania di tribune papan skor dan sudut sebelah selatan, menyalakan petasan di tengah-tengah latihan. Beberapa di antaranya menyalakan petasan dengan ukuran besar sehingga suaranya menyerupai bom.

Awalnya, kapten tim Arema, Hamka Hamzah, sempat berteriak meminta Aremania tidak lagi menyalakan petasan. Namun, hanya beberapa menit saja imbauan itu didengar. Selanjutnya, seringkali Dedik Setiawan dkk. dikagetkan dengan bunyi petasan lagi.

Petugas Stadion Gajayana juga tidak terlihat lantaran mereka sedang libur.

“Saya minta jangan menyalakan petasan di sini. Bisa membuat pemain kehilangan fokus karena kaget,” kata Hamka.

Lantaran tidak dihiraukan, ada sebuah momen perebutan bola, bek Ahmad Alfarizi coba membuang bola ke arah penonton yang sering menyalakan petasan. Tetapi, bola tidak sampai mengenai Aremania. Namun dari gesture-nya, Alfarizi juga terganggu dengan petasan itu.

Tak hanya itu, Aremania juga menyalakan flare atau bom asap sehingga suasana latihan Arema kali ini menyerupai pertandingan. Aremania yang datang jumlahnya lumayan banyak untuk ukuran latihan. Kurang lebih 1.000 Aremania.

Kebetulan Singo Edan latihan di hari Minggu sehingga suporter memanfaatkan momen hari libur sekaligus menunggu waktu berbuka puasa dengan melihat Arema latihan.

Ditambah lagi ada acara penggalangan dana untuk Aremania yang kendaraannya jadi korban ketika menjalani tur tandang ke Sleman pada pembukaan Shopee Liga 1 2019 (15/5/2019). Kurang lebih ada 40 kendaraan yang mengalami kerusakan pecah kaca dan penyok di bagian badan kendaraan.

Penggalangan dana tersebut berjalan sederhana. Beberapa Aremania menggunakan kardus dan keliling di tribune hingga pinggir lapangan untuk menggalang dana.

Mayoritas Aremania merespon dengan memberikan donasi. Sebelum berangkat melihat latihan, ofisial Instagram Arema sudah memberikan informasi jika ada penggalangan dana dalam sesi latihan tersebut sehingga Aremania sudah menyiapkan uangnya untuk disumbangkan.

Latihan ini juga jadi persiapan terakhir di Malang sebelum rombongan pemain Arema melakukan perjalanan menuju markas Borneo FC. Dalam laga pekan kedua, tim besutan Milomir Seslija ini kembali menjalani laga tandang pada Rabu (2/5/2019).