Jika Mendapat Izin Kepolisian, Tira Persikabo Bersedia Tukar Status Tuan Rumah dengan Persib

Panitia pelaksana (panpel) Tira Persikabo, Lettu Mandala Putra, mengaku dihubungi manajemen Persib Bandung untuk menukar status tuan rumah pada pekan kedua Shopee Liga 1 2019. Kedua klub awalnya dijadwalkan akan bertemu di Stadion Si Jalak Harupat pada 23 Mei 2019.

Persib Bandung, dikatakan Mandala Putra, tidak mendapatkan rekomendasi dari pihak kepolisian untuk menghelat pertandingan tersebut sesuai jadwal. Pasalnya, sehari sebelum pertandingan, Komisi Pemilihan Umum (KPU) akan mengumumkan hasil rekapitulasi perhitungan suara Pemilu Presiden dan Legislatif 2019.

Kepolisian tentu akan fokus menjaga kondisi keamanan. Maka dari itu, rekomendasi keraiaman tidak diterbitkan untuk menggelar pertandingan.

Untuk bertukar status kandang pun, Mandala berat untuk memenuhinya. Sebab, hasil koordinasi dengan kepolisian juga tidak merekomendasikan pertandingan tersebut untuk diadakan di Stadion Pakansari, Kabupaten Bogor.

“Kami siap saja apabila bertukar status tuan rumah. Namun, izin agak susah. Polres (Kabupaten Bogor) mengatakan berat (memberikan izin),” ujar Mandala Putra di Stadion Pakansari, Sabtu (18/5/2019).

“Kami siap saja kalau diizinkan kepolisian. Tapi, masalahnya ada di perizinan,” kata Mandala Putra.

Izin dari kepolisian memang selalu menjadi kunci untuk menggelar suatu pertandingan. Apabila rekomendasi tidak terbit, seperti yang terjadi antara Persib Bandung dan Tira Persikabo, maka pertandingan tidak akan digelar dan statusnya diserahkan kepada PT Liga Indonesia Baru (LIB) selaku operator kompetisi.