Alasan Timnas Indonesia Uji Coba dengan Tim Urutan 166 dalam Ranking FIFA

PSSI buka suara terkait alasan Timnas Indonesia melakoni uji coba melawan Vanuatu. Seperti diketahui, secara ranking FIFA, Vanuatu di bawah Indonesia. Menurut PSSI, itu adalah salah satu strategi dalam hal menaikkan peringkat FIFA.

Timnas Indonesia bakal menjalani dua agenda uji coba jelang Pra-Piala Asia 2020. Mereka akan menghadapi Jordania pada 11 Juni dan Vanuatu pada 15 Juni mendatang.

Jordania jelas dipilih untuk mencari gambaran lawan paada Pra-Piala Asia. Sedangkan Vanuatu tentu jadi pertanyaan. Karena secara peringkat FIFA, Vanuatu menduduki urutan 166, sedang Indonesia 159.

“Ini untuk strategi dalam hal peringkat. Indonesia melewati target pertama, yakni tak memulai prakualifikasi Piala Asia dari ronde pertama, tapi kedua,” ungkap Sekjen PSSI, Ratu Tisha Destria, di SCTV Tower, Senin (13/5).

Akan tetapi, Indonesia menurutnya harus berhati-hati juga. Untuk itu, mereka harus menjajal lawan yang lebih tinggi, yakni Jordania. Indonesia memang akan bertandang ke Jordania dalam uji coba nanti.

“Itu yang harus dijajal terlebuh dulu dikarenakan kami sudah pilih satu lawan yang berat dan punya strategi pada lawan selanjutnya. Tentunya agar bisa berhati-hati,” tutup Ratu Tisha.