PSIS Bakal Punya 6 Pemain Asing

PSIS Semarang kemungkinan bisa memiliki hingga enam pemain asing untuk menghadapi persaingan di Shopee Liga 1 2019. Terbaru, dengan bergabungnya Silvio Escobar dari Persija Jakarta dengan status pinjaman.

Pemain asal Paraguay ini melengkapi empat ekspatriat yang lebih dahulu merapat ke tim Mahesa Jenar. PSIS Semarang sudah mempunyai Wallace Costa, Patrick Mota, Shohei Matsunaga, dan Claudir Marini Jr.

Khusus Claudir Marini Jr, striker berdarah Brasil ini mengalami cedera serius yang membuatnya absen setidaknya di putaran pertama.

Claudir mengalami retak pada tulang engkelnya dan terpaksa tak didaftarkan PSIS ke operator kompetisi, namun tetap menjadi bagian dari PSIS.

Untuk itulah, manajemen PSIS mendatangkan Silvio Escobar dengan status pinjaman dari Persija. Namun, PSIS punya skenario pemain asing hingga berjumlah enam orang. Hal itu mengacu pada situasi Shohei Matsunaga dan Silvio Escobar, yang akan mempunyai kewarganegaraan Indonesia.

Bila proses naturalisasi Matsunaga dan Escobar selesai, praktis di skuat PSIS memiliki tiga pemain berstatus asing yakni Wallace Costa, Patrick Mota, dan Claudir Marini Jr.

Manajemen PSIS mengklaim tak menutup kemungkinan mendatangkan pemain lagi untuk mengisi slot pemain Asia.

“Claudir Marini Jr tetap menjadi bagian di tim ini. Sementara Matsunaga dan Escobar akan memiliki kewarganegaraan Indonesia. Tidak menutup kemungkinan kami menambah satu slot pemain asing lagi, sesuai regulasi batas maksimal empat pemain warga negara asing di setiap tim,” jelas Yoyok Sukawi, CEO PSIS Semarang, Senin (13/5/2019).

Sementara mengenai Silvio Escobar, PSIS Semarang memiliki opsi menambah masa peminjaman di akhir putaran pertama.

“Pembicaraan kami dengan Persija, peminjaman Escobar memang hanya satu putaran. Tapi, bisa saja nanti diperpanjang, tergantung proses komunikasi ke depan,” kata Yoyok Sukawi.