Pelatih Timnas Indonesia U-16 Puji Tristan Alif Naufal Sebagai Pemain Multiposisi

Seleksi tahap pertama Timnas Indonesia U-16 di National Youth Training Centre (NYTC), Bojongsari, Kota Depok, Senin (13/5/2019) dihadiri seluruh pemain. 41 pemain yang dipanggil, termasuk Tristan Alif Naufal, terlihat bersemangat mengikuti latihan.

Pemanggilan Tristan Alif ke Timnas Indonesia U-16 mengundang penasaran. Pasalnya, bocah berusia 14 tahun ini sempat menyita perhatian. Bakatnya pernah dipoles sebentar di Ajax Amsterdam.

Kini, Tristan Alif bergabung dengan Sekolah Sepak Bola (SSB) Akademi Sepak Bola Intinusa Olah Prima (ASIOP). Pelatih Bima Sakti tertarik menjajal kemampuan sang bocah dengan memanggilnya ke Timnas Indonesia U-16.

“Dia (Tristan Alif) punya skill yang bagus. Kerja sama dengan rekan-rekannya juga bagus. Namun, kami akan melihat cara dia beradaptasi dengan teman-teman yang lain,” ujar Bima setelah latihan.

Bima melihat Tristan Alif sebagai pemain multiposisi. Dapat bermain sebagai gelandang tengah, juga bisa di pos sayap kanan dan kiri.

“Dia bisa bermain di tengah dan juga bisa di sayap kanan dan kiri,” imbuh Bima.

Di sisi lain, saat menjalani seleksi di Timnas Indonesia U-16 ini, terlihat perawakan Tristan Alif telah berubah. Dulu, wajahnya masih unyu-unyu. Sekarang, pemain kelahiran Jakarta itu mulai beranjak dewasa. Gaya rambutnya masih sama. Istilah generasi milenial menyebutnya sebagai polem (poni lempar).