Klasemen Akhir Piala AFC 2019 Grup H: Hegemoni PSM

PSM Makassar tidak terkalahkan sepanjang babak penyisihan Grup H Piala AFC 2019. Pada laga terakhir, tim Juku Eja berhasil membungkam Lao Toyota di Stadion Nasional Laos, Selasa (14/5/2019) dengan skor telak, 3-0.

PSM Makassar total mengemas empat kemenangan dan dua kali seri di Grup H. Atas pencapaian ini, Pasukan Ramang mampu membukukan poin 14.

Wiljan Pluim dan kawan-kawan sukses memetik kemenangan atas Lao Toyota (7-3, 3-0), Kaya Ilo-ilo (2-1), dan Home United (3-2). Sementara itu, dua hasil seri didapatkan dari Home United (1-1) dan Kaya Ilo-ilo (1-1).

Setelah mengalahkan Home United 3-2 pada 30 April 2019 alias matchday kelima Grup H, PSM menggenggam tiket semifinal Zona ASEAN Piala AFC 2019.

Pertandingan melawan Lao Toyota pada partai pamungkas Grup H pun sekadar formalitas. Namun, PSM tetap serius menghadapi partai tersebut dan sukses berpesta gol.

PSM yang berstatus juara Grup H Piala AFC 2019 masih menunggu lawan pada babak semifinal Zona ASEAN. Sebab, sejumlah pertandingan di babak penyisihan belum tuntas.

Tim besutan Darije Kalezic ini juga sukses menorehkan 17 gol dari enam pertandingan babak penyisihan. Bomber asal Finlandia, Eero Markkanen, mencetak lima di antaranya.

PSM unggul empat poin dari Home United yang berada di peringkat kedua. Di posisi ketiga, bertengger Kaya-Iloilo dan Lao Toyota terpuruk di dasar klasemen dengan sebiji poin.

Home United masih berpeluang lolos menemani PSM Makassar ke babak semifinal Zona ASEAN Piala AFC. Asalkan, wakil Singapura tersebut berhasil merebut runner-up terbaik dari tiga grup yakni F, G, dan H.