Jelang Pembukaan Liga 1 2019, Polda DIY Konsolidasi dengan Elemen Suporter

Panitia pelaksana, manajer, dan perwakilan suporter klub sepak bola yang memiliki home base di Daerah Istimewa Yogyakarta berkumpul sehari sebelum laga pembuka Shopee Liga 1 2019 di Rich Hotel Yogyakarta, Selasa (14/5/2019). Polda DIY mengumpulkan mereka untuk bersama-sama menjaga sepak bola agar tetap kondusif.

DIY menjadi home base bagi empat tim. PSS Sleman dan Kalteng Putra yang berlaga di Shopee Liga 1 2019. Sementara PSIM berlaga di Liga 2 dan Persiba Bantul di Liga 3. PSS bakal meladeni Arema FC di Stadion Maguwoharjo Sleman, Rabu (15/5/2019), untuk melakoni laga pembuka kompetisi kasta elite.

“Kami sudah koordinasi dan konsolidasi dengan panitia, pihak keamanan, dan suporter untuk mengawali pembukaan Liga 1 2019 dengan pertandingan yang baik,” ujar Kapolda DIY Brigjen Pol Ahmad Dofiri.

Menurut Dofiri, ketegangan politik sudah saatnya dialihkan ke olahraga. Dia pun meminta suporter bertindak wajar dalam mendukung tim kesayangan.

Lewat kegiatan ini, pihaknya mengajak suporter tetap bersahabat dan menjalin hubungan yang harmonis. Ia juga ini meminimalisir gesekan antarsuporter dengan menyiapkan hampir 700 personel untuk berjaga-jaga di Stadion Maguwoharjo.

Polda DIY juga akan memperketat keamanan penonton dengan sweeping sebelum masuk ke dalam stadion. Penonton dilarang membawa senjata tajam, benda berbahaya, dan minuman keras. Penonton yang terindikasi mabuk juga dilarang masuk.

Komisiaris PT PSS Soekeno mengapresiasi upaya Polda DIY yang punya kepedulian terhadap sepak bola dan suporter. “Ini tonggak sejarah, Polda mengumpulkan stakeholder sepak bola di DIY, ini bisa berefek sampai ke nasional,” kata Keno.

Ia berharap keharmonisan terus terjalin, mengingat sepak bola mengusung sportivitas, bukan pertempuran individu. (Switzy Sabandar)

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*