Arema FC Ingin Pakai ‘Pemain Asing’ Di Liga 1 U-18

Manajemen Arema FC berencana menjadikan pemain asal Jepang, Seiya da Costa Lay, sebagai penggawa Singo Edan Muda di kompetisi Elite Pro Academy U-18 bila mendapat lampu hijau dari PSSI.

Meski lahir di Horishima pada 30 September 2001, Seiya memiliki paspor Indonesia. Hal itu tak lepas dari ayahnya, Jefry da Costa, yang merupakan warga negara Indonesia (WNI) asal Atambua, Nusa Tenggara Timur, yang lama menetap di Jepang. Sedangkan sang ibu, Sisilia, merupakan keturunan Jepang yang sudah menjadi WNI.

Media officer Arema Sudarmaji mengutarakan, manajemen merasa perlu berkomunikasi dengan PSSI terkait status Seiya. Pemain berusia 16 tahun itu sempat tiga hari menjalani seleksi, dan direkomendasikan bergabung ke dalam tim.

“Kebetulan Seiya ini punya darah Indonesia, meski lahir di Jepang. Orang tuanya WNI, tapi dia [Seiya] belum memilih kewarganegaraan. Memang sejauh ini tidak ada regulasi yang mengatur pemain keturunan, namun kami tetap berkonsultasi dengan PSSI,” tutur Sudarmaji diwartakan Wearemania.

“Selain berkonsultasi dengan PSSI, kami juga meminta orang tua Seiya untuk mengirimkan surat kepada PSSI terkait status anaknya, termasuk dokumen-dokumen pendukung yang berhubungan dengan identitas yang bersangkutan.

“Yang bisa menjadikan Seiya sebagai WNI adalah keluarganya sendiri, bukan klub, Mereka mengatakan Seiya sangat berkeinginan memiliki kewarganegaraan Indonesia.”