Pindah ke PSIS Semarang, Escobar Bicara Soal Proses Naturalisasinya

Striker Persija Jakarta, Silvio Escobar, secara resmi telah dilepas dengan status pinjaman ke klub Liga 1 2019, PSIS Semarang. Hal itu sudah dikonfirmasi oleh CEO Persija, Ferry Paulus, Sabtu (11/05/19), setelah mencapai kesepakatan bersama sang pemain. 

Kepindahan Escobar ke PSIS tentu menyisahkan tanda tanya, lantaran status eks Perseru Serui itu masih pemain asing. Sementara itu, PSIS sudah menggenapi empat kuota pemain asing yakni Claudir Marini Junior, Patrick Mota, Shohei Matsunaga dan Wallace Costa. 

Nampaknya, Escobar akan masuk slot pemain lokal, lantaran pesepakbola kelahiran Paraguay itu tengah mengurus naturalisasi. Ia menjelaskan jika prores menjadi warga negara Indonesia (WNI) masih berlangsung sesuai aturan yang berlaku.

“Lagi diproses ya, saya tak bisa bilang ditahan karena ada orang yang urus itu,” katanya.

“Tidak (takut dihalangi naturalisasi), karena saya urus sesuai prosedur pasti lancar kalau sesuai aturan, pasti tak ada masalah,” imbuh Escobar.

Lebih lanjut, Escobar menjelaskan proses naturalisasinya berbeda dengan apa yang dijalani pemain lain seperti Fabiano Beltrame maupun Otavio Dutra yang dibantu oleh pihak klub. Ia optimis pengajuan dirinya untuk menjadi WNI akan dikabulkan lantaran memiliki istri orang Indonesia.

“Mungkin beda situasi ya. Karena seperti Fabiano, Dutra dan lainnya. Saya punya istri WNI, saya ikut dia. Mereka (Fabiano dan lainnya) berbeda urus prosesnya, kalau saya kan sesuai prosedur karena Istri Indonesia. Mudah-mudahan selesai, dan saya optimistis bisa selesai sebelum kompetisi,” ucapnya.