16 Pemain Garuda Select Akan Jalani Seleksi Timnas Indonesia U-19

Menimba ilmu dan pengalaman di Inggris berkat masuk tim Garuda Select, tak membuat para pemain mendapat garansi untuk langsung masuk ke skuat Timnas Indonesia U-19.

Sebanyak 16 pemain Garuda Select tetap harus mengikuti seleksi untuk bisa masuk ke skuat Timnas U-19, Fakhri Husaini akan menggelar seleksi tahap kedua yang bakal dilangsungkan pada 11 Juni mendatang.

“Ada beberapa pemain (Garuda Select) yang akan saya ikutkan untuk seleksi nanti. Sekitar 15-16 orang,” ujar Fakhri dikutip dari laman Kumparan.

Sebelumnya pada 23 April lalu Fakhri sudah lebih dulu menggelar seleksi tahap pertama dengan total 43 pemain. Pelatih yang juga karyawan tetap PT Pupuk Kaltim itu menegaskan dirinya akan seadil mungkin memilih pemain.

“Enggak adil kalau semua pemain dari alumni Timnas U-16 saja (jadi kerangka Timnas U-19), karena di Indonesia ‘kan ada pemain Liga 1 U-19 yang merupakan kelahiran 2001. Nah, saya akan maksimalkan dan menggabungkan dua kekuatan ini. Juga dengan pemain yang saya seleksi kemarin di Wibawa Mukti, karena mereka punya potensi,” ucap Fakhri.

“Artinya dari sisi umur, saya ingin usia maksimal lah. Kalau bisa kelahiran 2001 saya manfaatkan, kenapa harus kelahiran 2002? Tetapi tentu kalau pemain kelahiran 2002 yang potensi bagus kenapa harus saya abaikan,” katanya.

Garuda Select melakoni laga terakhir di Inggris melawan tim akademi Chelsea pada Sabtu (11/5). Setelah itu mereka akan kembali ke tanah air, usai berada di negeri Ratu Elizabeth selama lima bulan lamanya.

Dua ajang akan dilakoni Timnas U-19 pada tahun ini, yakni Piala AFF dan kualifikasi Piala Asia 2020.