Usai Lawan Chelsea, Garuda Select Bersiap Kembali ke Tanah Air

Tim Garuda Select menyerah 2-7 kepada tim U-16 Chelsea, di Cobham Training Centre, Stoke D’Abernon, London, Inggris, Sabtu (11/5/2019). Dua gol Tim Garuda Select dicetak oleh Sutan Zico dan Brylian Aldama.

Pertandingan melawan Chelsea adalah laga terakhir Tim Garuda Select. Setelah laga melawan Chelsea, Tim Garuda Select kembali ke markas mereka di Birmingham. Mereka dijadwalkan berangkat ke Tanah Air pada Selasa (14/5/2019).

Program Garuda Select merupakan kerja sama antara Super SoccerTV dan PSSI. Program tersebut diproyeksikan untuk masa sepuluh tahun dan tim yang berangkat ke Inggris pada 2019 ini merupakan angkatan pertama.

Sebagian besar anggota tim Garuda Select 2019 merupakan pemain Timnas Indonesia U-16 yang pada 2018 ditangani Fakhri Husaini. Sebagian lainnya berasal dari kompetisi Elite Pro Academy Liga 1 U-16 2018 dan hasil seleksi Direktur Program Garuda Select Dennis Wise dan pelatih Garuda Select Des Walker.

Selama di Inggris, Tim Garuda Select 2019 sempat dikunjungi pelatih Timnas Indonesia Simon McMenemy. McMenemy mengunjungi Garuda Select di Inggris untuk mendapatkan informasi mengenai perkembangan para pemain dari Dennis Wise dan Des Walker.

“Garuda Select adalah program yang luar biasa. Kami akan berdiskusi dengan beberapa pelatih di sana untuk mendapatkan masukan dari mereka dan pendapat para pelatih mengenai para pemain karena Dennis Wise dan Des Walker adalah orang-orang yang sangat berpengalaman. Jadi, penting bagi saya mendapatkan masukan dari mereka,” ujar McMenemy kepada Bolalob beberapa waktu lalu.

“Garuda Select akan membantu pembentukan Timnas Indonesia pada masa depan. Ini baru tahap awal dan kita punya fondasi untuk menjadi lebih baik. Ini program awal yang sangat bagus. Anak-anak berusia 15-18 tahun bisa mendapatkan pengalaman bermain dalam kultur berbeda,” tambah McMenemy.