PT LIB Akan Lunasi Utang Secara Bertahap, Waktunya Belum Tahu

PT Liga Indonesia Baru (PT LIB) menawarkan opsi untuk melunasi utang-utangnya kepada klub. Mereka mengupayakan jalan pembayaran bertahap kepada klub kontestan.

Pilihan itu disampaikan oleh Direktur Utama Sementara PT LIB, Dirk Soplanit, usai menerima rekomendasi kompetisi Liga 1 2019 dari Badan Olahraga Profesional Indonesia (BOPI) di Kantor Kemenpora, Senayan, Jumat (9/5/2019).

Dirk juga menjelaskan kondisi PSSI saat ini setelah bertemu muka dengan pemilik klub dan pemilik saham dalam sebuah Rapat Umum Pemegang Saham (RUPS) beberapa hari lalu.

“Kami dalam rangka menggelar liga 1 2019 kan ada dua tahapan yang dilakukan. Pertama pertanggungjawaban pengurus di RUPS, setelah itu menggelar rapat antar pimpinan klub,” kata Dirk.

“Nah, di situ, kami sudah beberkan seluruh bisnis plan dari PT LIB, tentang pengelolaan LIB sebagai operator, dan kami sudah beberkan kemungkinan-kemungkinan penyelesaian utang dengan sumber-sumber revenue yang diperoleh LIB,” dia menjelaskan.

“Dan semuanya sudah ada dalam kesepakatan bersama dan akan kami kawal dalam perjalanan ke depan sesuai dengan komitmennya,” dia menambahkan.

Meski demikian, pria yang juga menjabat sebagai anggota komite eksekutif PSSI itu enggan menjelaskan lebih detail kapan utang dilunasi. Dia bilang semuanya tergantung pemasukan.

“Di dalam mengelola kegiatan kompetisi kami didukung sponsor-sponsor. Sponsor itu menggelontorkan dukungan juga tak sekaligus, ada tahapan-tahapannya pemberiannya. Makanya kami mengatur cash flow koorporasi sedemikian rupa disesuaikan dengan sumber pemasukan dan juga pengeluaran dan kewajiban-kewajiban yang ada,” katanya.

“Secara detail kami tak bisa kemukakan. Tapi pada saat pertemuan dengan RUPS maupun pertemuan dengan klub bisnis plan kami sudah uraikan secara terbuka. Kami usahakan selesai secepatnya,” ujar dia.

Dirk juga tak mau berandai-andai untuk pelunasannya. Dia menghindari ada masalah baru.

“Yang penting apa yang sudah dibeberkan kepada klub dan komitmen untuk menjalankan kegiatan kompetisi sudah kami beberkan tinggal nanti kami jalani,” dia menambahkan.