PSSI Bakal Datangkan Direktur Teknik Wasit Dari Inggris

PSSI terus berupaya untuk menjalin kerja sama dengan berbagai pihak guna membuat sepakbola Indonesia menjadi lebih baik. Teranyar, PSSI menjalin kerja sama dengan Federasi Sepakbola Inggris (FA).

Salah satu yang menjadi bagian kerja sama keduanya adalah terkait manajemen dan pengembangan wasit. Maka itu, FA melalui Professional Game Match Official Limited (PGMOL) akan bekerja sama lebih intens dengan PSSI.

PGMOL bakal mengirimkan perwakilannya ke PSSI untuk menjadi direktur teknik wasit di Badan Independen Wasit Profesional Indonesia, dan juga referee assessor (pengawas wasit).

“Fokus kerja sama di referee ada pada elite referee dan wasit liga profesional Indonesia,” kata Ratu Tisha Destria, sekretaris jenderal PSSI seperti dikutip laman resmi PSSI.

Tisha yang memang melakukan pertemuan langsung dengan CEO/Sekjen FA, Martin Glenn, di Inggris, 9 Mei lalu, juga membahas kerja sama terkait pengembangan usia muda dan pendidikan kepelatihan.

Nantinya, head of Coaching Education The FA akan memberi asistensi kepada PSSI dalam percepatan program Elite Pro untuk 18 klub Liga 1 di usia 16, 18, 20 tahun, dan grassroot development di Asprov PSSI untuk usia 7-11, 12, 12, 14, dan 15 tahun.

“Pertemuan dan diskusinya sangat positif. PSSI sangat senang karena The FA bersedia menjadi partner dengan memberikan dukungan dan asistensi kepada kita,” ujar Tisha.

“Kami berkomitmen untuk terus mengembangkan sepakbola Indonesia. Karena itu, PSSI membuka ruang seluasnya untuk bekerja sama dengan federasi sepakbola negara lain, termasuk FA,” jelasnya.

Pertemuan lanjutan akan digelar antara PSSI dan FA saat Kongres FIFA di Paris, 5 Juni nanti. Dalam pertemuan itu akan dibahas secara detail mengenai kerja sama antara kedua pihak.