Pemain Papua Milik Madura United Antusias Hadapi Persewar

Madura United menghadapi Persewar Waropen dalam laga uji coba yang akan berlangsung di Stadion Gelora Madura, Pamekasan, Sabtu (11/5/2019). Laga uji coba tersebut mendapatkan sambutan hangat dari pemain asal Papua milik Madura United, Marckho Meraudje, yang tak sabar menantikan laga kontra teman-teman lamanya.

Saat ini, ada empat pemain Papua yang membela Madura United. Mereka adalah Fandry Imbiri, David Laly, Engelberd Sani, dan Marckho Meraudje. Menurut penuturan mereka, terdapat beberapa pemain Persewar yang merupakan kawan lama.

“Senang bisa mendapatkan lawan seperti Persewar. Tim itu saat ini sedang serius untuk mempersiapkan diri menghadapi kompetisi Liga 2. Ada beberapa pemain yang sudah lama saya kenal di sana, seperti Oktovianus Maniani,” kata Marckho.

Nama Oktovianus Maniani tidak asing bagi pecinta sepak bola nasional. Dia pernah menjadi pemain sayap lincah Timnas Indonesia arahan Alfred Riedl di Piala AFF 2010. Namun, belakangan karier menurun dan berkiprah di Liga 2.

“Kami sangat senang karena kami akan menjadi lawan tanding mereka. Mereka adalah teman-teman yang sangat kental pertemanannya sesama orang timur,” ucap Fandry Imbiri.

“Bagi saya pribadi, pertandingan melawan Persewar adalah pertandingan yang sangat pas. Kami bisa berbincang banyak hal tentang tanah kami sebelum dan sesudah pertandingan,” imbuh mantan pemain Persipura Jayapura itu.

Musim ini, warga Papua terpaksa tidak bisa menonton langsung pertandingan di stadion yang terdapat di tanah asal mereka. Sebab, dua klub asal Papua di Liga 1, yaitu Perseru Serui dan Persipura Jayapura melakukan perubahan sehingga tak bermarkas di Papua.

Perseru kini telah menjadi Badak Lampung FC dan pindah markas ke Lampung. Sementara Persipura mengalami kendala karena Stadion Mandala sedang direnovasi. Sebagai pengganti, Mutiara Hitam memilih Yogyakarta sebagai kandang musim ini.

Kehadiran Persewar di Liga 2 tentu menjadi hiburan buat warga Papua. Klub berjulukan Mutiara Bakau itu bakal menemani PSBS Biak sebagai wakil Papua di kasta kedua. Lebih istimewa lagi, ini merupakan musim debut Persewar di Liga 2 setelah promosi dari Liga 3 musim lalu.

“Naiknya Persewar membuat kami juga senang. “Kmi ingin memberikan ujian lebih cepat sebelum mereka berkompetisi,” ujar David Laly yang juga berseragam Madura United.