Kemenpora Pastikan Dukung Program PSSI

Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora) meminta kepada Persatuan Sepakbola Seluruh Indonesia (PSSI) untuk menggelar Kongres Luar Biasa (KLB) sesuai dengan yang sudah diumumkan.

Beberapa hari lalu, PSSI memastikan bakal menggelar KLB untuk menentukan Komite Pemilihan dan Komite Banding Pemilihan. Kemudian pada awal 2020 akan dilakukan Kongres Biasa Pemilihan untuk mencari Ketua Umum baru.

“Prosedurnya seharusnya sesuai, ‘in line’ dengan PSSI,” ujar Sekretaris Menpora, Gatot Dewa Broto.

Ucapan Gatot ini seolah menekankan pentingnya situasi kondusif dalam sepakbola nasional. Sebab, belakangan muncul ide dari Komite Perubahan Sepakbola Nasional (KPSN) yang ingin KLB mereka gelar sendiri merujuk mandat dari beberapa pemegang hak suara (voters) PSSI.

Dikatakan Gatot, Kemenpora memang pernah menerima KPSN untuk beraudiensi terkait masalah sepakbola nasional. Namun, bukan berarti itu menunjukkan dukungan.

“Pemerintah tidak berpihak ke mana-mana. Saya menerima kedatangan mereka karena saya orangnya terbuka. Namun ketika ada undangan mereka kepada kami, saya tidak mau datang. Kami tidak ingin berpihak ke mana-mana,” tutur Gatot.